Festival Desa Wisata Cikal Bakal Desa Prioritas

Oleh: Andini Dwi Hasanah

SIJUK, LASPELA- Dinas Pariwisata Kabupaten
Belitung mengadakan kegiatan Festival
Desa Wisata yang dilangsungkan pada 18-21 Juli 2019 di Pantai Wisata Tanjung Kelayang, Kamis(18/07/2019)

Pada festival tersebut, masyarakat maupun wisatawan dapat menyaksikan pameran produk asli desa wisata atau komunitas masyarakat, juga hiburan tradisional.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan dana desa jangan dibuat hanya untuk membuat siring atau memperbaiki jalan saja, namun juga gunakan untuk menegakkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan melahirkan UMKM, melahirkan destinasi wisata.

“Apa keuntunganya kalau melahirkan destinasi wisata. nanti Pemkab pake APBD bisa di gabungkan, bangun infrastruktur tambahan buat dia, misalnya akses jalan menuju desa wisata itu,” tuturnya

Isyak mengatakan, semua desa yang mengikuti kegiatan Festival Desa Wisata tersebut termasuk cikal bakal menuju 10 desa prioritas.

“Dari semua desa yang mengikuti ini akan menjadi cikal bakal 10 desa prioritas kita nanti, destinasi wisata itu bicata integrated dan sustainable, jadi semua desa itu harus menggali ada destinasi wisata apa lagi, tidak bisa hanya mengandalkan satu saja atau satu produk saja,” ungkapnya

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto, mengatakan, festival yang baru pertama kali diselenggarakan ini memberikan ruang kepada desa-desa, khususnya yang berstatus desa wisata untuk berani menunjukkan potensi-potensi yang dimiliki.

“Juga ruang untuk berkreasi karena di festival ini untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, karena bukan hanya expo, tapi juga sepanjang kegiatan ini akan diadakan seminar, forum group discussion (FGD), dan workshop,” jelasnya

Lebih lanjut ia mengatakan, syarat agar menjadi desa wisata yang jelas harus memiliki daya tarik. Daya tarik bisa berupa daya tarik alam, budaya atau kombinasi keduanya, bahkan bisa merupakan daya tarik buatan.

“Sebagai contoh danau kaolin kan daya tarik buatan, tapi kalau bisa dikelola dengan baik bisa menjadi destinasi wisata,” sebutnya. (din)