Sanem Berharap Masyarakat Sadar Pentingnya Menanam Mangrove

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNG PANDAN, LASPELA- Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, pentingnya menanam pohon mangrove, utamanya oleh pemerintah daerah karena mangrove dipercayai sebagai tanaman yang dapat mengurangi abrasi pesisir pantai dan bencana tsunami.

Penanaman pohon mangrove tersebut di hadiri oleh, selain Bupati Belitung H Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Sekda Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya dan Forkominda Kabupaten Belitung, bersama 60 organisasi se-Kabupaten Belitung.

Penanaman 1.000 pohon mangrove tersebut dalam rangka peringatan bulan pengurangan resiko bencana, di HKM Gusung Bugis, Desa Juru Seberang.‎ Sabtu(29/06/2019).

“Mangrove ini bukan hanya semata-mata untuk menjaga dari abrasi dan bencana tsunami saja, namun ‎sebenarnya dari mangrove ini banyak manfaatnya yang selama ini tidak diketahui oleh kita,” ujar Sanem.

Mangrove juga kata Sanem dapat dimanfaatkan sebagai pewarna batik, dan juga bisa di jadikan bahan pembuatan kosmetik, obat, dan ada beberapa jenis tanaman mangrove yang bisa di konsumsi.

Menurutnya ada jenis mangrove yang sesuai dengan kultur tanah dan ada juga mangrove yang tidak sesuai dengan kultur tanahnya, sehingga tidak sembarangan menanam magrove.

“Mangrove yang kita tanam dengan mangrove tumbuh sendiri itu jenisnya berbeda, mungkin jenis mangrove yang kita tanam ini tidak terlalu subur, namun berbeda dengan mangrove yang tumbuh sendirinya, bisa jadi lebih subur,” Paparnya. (din)