Gubernur Erzaldi Fitra di Masjid Jami Pangkalpinang

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menunaikan pembayaran zakat fitrahnya, di Masjid Jami Pangkalpinang, Senin (3/6/2019).

Seusai melaksanakan sholah dzuhur berjamaah, uang sebesar Rp736.000 dibayar Erzaldi diserahkan Erzaldi ke panitia amil zakat untuk tanggungan 23 orang.

Erzaldi mengatakan, ke-23 orang tersebut termasuk dirinya, istri dan tiga anak. Sementara 18 orang lainnya itu diantaranya orang tua termasuk mertua, asisten rumah tangga yang ada di rumah pribadi, dinas dan di Jakarta, tiga anak asuh dan juga pekerja kebun.

“Sekalipun mereka (orang tua/mertua) sudah bayar tapi saya merasa itu masih tanggung jawab saya,” ucap Erzaldi.

Selain itu, Erzaldi mengajak masyarakat untuk dapat segera menunaikan Rukun Islam yang keempat itu tanpa menunda-nunda.

“Zakat ini kewajiban kita, setahun sekali, maka harus segera kita bayar berikut dengan tanggungan-tanggungan kita atau siapa yang merasa kita tanggungkan ya dibayar dan jangan lengah,” ingatnya.

Erzaldi menyebutkan, bahwa sebagai umat Islam membayar zakat fitrah merupakan kewajiban dalam menjalankan ibadah sehari-hari.

“Zakat ini perlu sebagai pelengkap dalam membersihkan hati selama bulan puasa kita dan juga membersihkan harta kita. Maka dari itu, jangan sampai terlambat (bayar zakat fitrah). Kalau kami semakin cepat semakin bagus,” cetusnya.

Ia menambahkan, bahwa dirinya beserta keluarga rutin membayar zakat di Masjid Jami Pangkalpinang.

“Saya dan keluarga rutin setiap bayar zakat di Masjid Jami. Karena masjid ini pangkalnya atau center dari umat Islam di Babel. Selain untuk memotivasi yang lain untuk ikut membayar zakat fitrahnya,” tutupnya.(wa)