Home / BANGKA BELITUNG / 14 Program Dinkes PPKB 2019, Tangani KB di Kota Pangkalpinang

14 Program Dinkes PPKB 2019, Tangani KB di Kota Pangkalpinang

Oleh : Dinda Agus Tiantie

PANGKALPINANG, LASPELA – Berbagai macam upaya pemerintah dalam menangani program Keluarga Berencana (KB) “Dua Anak Lebih Baik” terus digencarkan.

Salah satunya Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinkesPPKB) kota Pangkalpinang, yang terus berupaya menangani hal ini.

Suriyanto selaku Plt. DinkesPPKB kota Pangkalpinang mengungkapkan, dalam pencapaian dari hasil pencapaian peserta KB Baru dari beberapa alat kontrasepsi dirasanya masih belum maksimal.

“Data yang ada sampai Desember tahun 2018, dalam pencapaian peserta KB baru dari beberapa alat kontrasepsi ini, saya rasa kita belum maksimal artinya masih banyak kerja keras yang harus kita lakukan,” tuturnya, Selasa (30/4/2019).

Untuk itu DinkesPPKB meluncurkan 14 program di tahun 2019 untuk memaksimalkan kinerjanya.

Program tersebut antara lain, 1. Pembinaan Keluarga, 2. Penyediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pelayanan Keluarga Berencana, 3. Rakorda Bidang Keluarga Berencana kota Pangkalpinang, 4. Konseling PIK R, 5. Penyusunan Parameter Kependudukan, 6. Penunjang Pelayanan KB, 7. Bantuan Operasional KB, 8. Fistribusi Alat dan Obat Kontrasepsi ke Faskes KB, 9. Integritas Kampung Keluarga Berencana, 10. Pembinaan Program Oleh Kader.
11. Dukungan Media KIE dan Manajemen ke Kecamatan dan Kelurahan dalam Mendukung KIE KB. 12. Pembinaan Duta Generasi Berencana, 13. Temu Kader KB Dalam Harkernas, dan 14. Pembinaan dan Pendamping Kelompok Bina Keluarga.

“Bukan hanya 14 program ini saja yang akan kita lakukan, namun ada 72 kegiatan dalam 1 tahun ini yang kita lakukan, untuk mencapai target-target dalam peserta KB Baru,” tutupnya. (dnd)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish