Home / BANGKA BELITUNG / Tantan Heroika : Tahun 2018 Secara Nasional Ekonomi di Babel Tumbuh 5,17 Persen

Tantan Heroika : Tahun 2018 Secara Nasional Ekonomi di Babel Tumbuh 5,17 Persen

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Babel, Tantan Heroika, memaparkan secara nasional ekonomi Babel tumbuh dari tahun 2018 pada angka 5,17 persen dibanding tahun sebelumnya 5,07 persen.

“Inflasi secara nasional juga mencapai target yaitu di Tahun 2018 sebesar 3,13 persen, lebih rendah dari tahun sebelumnya 3,51 persen,” kata Tantan dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (Rakor-TPID) Babel, di Resto Gale-Gale, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (28/2/2019).

Ia menyampaikan, untuk pertumbuhan ekonomi regional, Babel di Tahun 2018 sebesar 4,45 persen dan di tahun 2017 yaitu 4,47 persen. Artinya pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung dengan nasional relatif stabil.

“Untuk inflasi di Tahun 2018 di angka 3,18 persen dan di tahun 2017 yaitu 3,13 persen. Hal ini artinya juga berarti relatif stabil,” ujarnya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di Babel yang masih lebih tinggi daripada angka inflasi merupakan sebuah indikator yang menunjukkan bahwa sangat bagus.

“Perkembangan pertumbuhan ekonomi nasional dan regional Babel di Tahun 2018 merupakan sebuah prestasi dan membanggakan, karena di tahun 2018 penuh dengan tekanan ekternal yang sangat luar biasa,” terangnya.

Oleh karena itu, dirinya yakin di Tahun 2019 ini, akan jauh lebih baik lagi, sebab tekanan eksternal tidak sebesar tahun 2018.

Terkait pertumbuhan ekonomi di Babel di harga komoditi, Tantan menjelaskan, baik di Indonesia maupun Babel, hal ini dikarekanan masih bertumpu pada ekspor komoditi, belum ke produk yang bernilai tambah.

Menurut Tantan, Inflasi di Babel pada akhir Tahun 2018 seharusnya bisa mencapai 2,9 seandainya tidak terjadi lonjakan di Bidang Transportasi.

“Namun hal itu terjadi secara nasional. Oleh sebab itu, pada bulan itu, kita bersama TPID telah mengadakan Forum Group Discussion (FGD) membahas hal ini, bersama dengan para pimpinan maskapai penerbangan,” tuturnya.

Ia menambahkan, diharapkan melalui kegiatan ini, dapat membahas langkah apa kedepan yang harus dilakukan untuk tetap menjaga dan mengendalikan Inflasi ini.

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish