Home / BANGKA BELITUNG / KABUPATEN BANGKA TENGAH / Pentingnya Pokdarwis Dalam Menunjang Pariwisata

Pentingnya Pokdarwis Dalam Menunjang Pariwisata

Oleh : Herdian Farid Effendi

KOBA, LASPELA – Pariwisata merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan bagi Desa maupun Daerah setempat. Faktanya hanya dalam beberapa tahun perkembangan kawasan wisata di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) sangat luar biasa.

Adanya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah lembaga yang didirikan warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan diwilayah desa mereka serta mewujudkan Sapta Pesona.

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) merangkul seluruh Pokdarwis untuk lebih mengembangkan potensi pariwisata didesa masing-masing.

Kepala Disbudparpora, Zainal mengatakan Pokdarwis sangat dibutuhkan untuk menjadi pondasi dalam kemajuan pariwisata disetiap Lurah/Desa.

“Saat ada sebanyak 10 Pokdarwis yang berada dibeberapa kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah dan 7 Pokdarwis sudah kita berikan SK sementara 3 lagi menyusul,” ujar Zainal Sabtu,(26/01/2019).

Zainal melanjutkan ke 7 Pokdarwis yang sudah mendapatkan SK diantaranya : Desa Namang Pokdarwis Pelawan, Desa Belilik, Desa Batu Belubang, Pokdarwis Gerhana Desa Terentang III, Pokdarwis Perlintar Desa Perlang, Desa Kulur Ilir dan Pokdarwis Kelurahan Padang Mulya Sumur Tujuh.

“Nantinya dengan anggaran APBD dan APBN seluruh Pokdarwis akan diberikan pelatihan guna meningkatkan kompetensi dalam pengembangan pariwisata,”imbuhnya

Zainal berharap dengan adanya Pokdarwis kemajuan sektor pariwisata di Bangka Tengah akan semakin berkembang pesat.(hfe)

About herdianlaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish