Home / BANGKA BELITUNG / Setelah 2,5 Jam, Kebakaran di Toko Asak Muntok Berhasil Dipadamkan

Setelah 2,5 Jam, Kebakaran di Toko Asak Muntok Berhasil Dipadamkan

MUNTOK, LASPELA – Kebakaran yang melanda Toko Asak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Muntok, Rabu ( 5/9/2018 ) sore tadi akhirnya dapat dipadamkan. Kobaran api yang membakar ruko berhasil dipadamkan sekira pukul 18:30 WIB.

Selama kurang lebih dua setengah jam, Tim Damkar Pusmet Muntok, Tim Damkar Satpol PP Pemkab Bangka Barat dan dua mobil tanki PDAM dan BLHD Kabupaten Bangka Barat berjuang memadamkan api.

Kabid Damkar Pemkab Bangka Barat Zulkarnain mengatakan, jumlah personil Damkar Pemkab Bangka Barat yang diterjunkan sebanyak 15 orang sedangkan Tim Damkar Pusmet Muntok sebanyak 6 orang, ditambah dari gabungan Polsek Muntok dan Polres Bangka Barat sebanyak 20 orang.

Menurutnya, api cepat membesar karena didalam ruangan lantai bawah tempat api berasal, banyak terdapat material yang mudah terbakar, seperti pampers bayi dan rokok.

” Api agak sulit dipadamkan karena api sudah membakar lapisan bawah pampers tadi, yang sudah disiram air tapi bagian bawahnya belum menyerap, jadi api agak sulit dipadamkan. Kemudian untuk itu hanya ada satu lorong sempit untuk masuk ke lantai atas,” jelas Zulkarnain kepada awak media di lokasi kebakaran.

Zulkarnain menambahkan, penyebab kebakaran menurut hasil penyelidikan Tim Inafis Polres Bangka Barat, diduga akibat korsleting listrik yang terjadi di gudang cctv di lantai bawah. Beruntung api tidak menjalar ke ruko lainnya karena terhalang tembok.

” Kerugian belum bisa ditaksir karena pemilik toko belum bisa dimintai keterangan, alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,” pungkasnya.

Dilain pihak, Kapolsek Muntok, Iptu Christo NYT Nender, ditemui usai kebakaran, menghimbau kepada masyarkat agar selalu berhati – hati bila hendak meninggalkan rumah.

” Bagi masyarakat yang ingin meninggalkan rumah, cek lagi barang – barang elektroniknya jangan sampai ditinggalkan dalam kondisi menyala ( on ), agar tidak terjadi arus pendek yang bisa menyebabkan kebakaran,” ujarnya. ( SK)

About chamcie24

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish