Home / BANGKA BELITUNG / Gubernur akan Pasarkan Lada Babel ke Pasar Tradisional Moscow Rusia

Gubernur akan Pasarkan Lada Babel ke Pasar Tradisional Moscow Rusia

  • Erzaldi : Kadin dan HIPMI Dilibatkan untuk Mempercepat Pemasaran Lada dan Produk UKM

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menyampaikan berdasarkan hasil kunjungan kerjanya ke negara Kota Moskow beberapa waktu lalu, dirinya berencana memasarkan lada petani di pasar tradisional Moscow Rusia, guna mempromosikan dan membangkitkan kejayaan lada petani daerah.

“Dari kunjungan saya ke Rusia bersama beberapa instansi terkait, kita mengunjungi empat pasar tradisional di Moscow, untuk melihat potensi kita memasarkan lada di pasar itu. Dan kita sudah memutuskan untuk memperbanyak pasar salah satunya di negara Eropa Timur,” kata Erzaldi.

“Memang kita sudah memutuskan untuk memperbanyak pasar, salah satunya adalah Eropa Timur, tetapi memasarkan produk tidak semudah itu, namanya juga pemasaran,” lanjut Erzaldi.

Diakui Erzaldi, di Moscow tidak ada lada putih, hanya lada hitam yang ada, dan ini menjadi peluang untuk Babel memperkenalkan lada putih di semua pasar yang ada di Moscow, Rusia.

“Kita kaget di Moscow tidak ada lada putih. Selama ini mereka hanya mengkonsumsi lada hitam. Ini kesempatan kita menjual lada putih disana, meski tidak mudah memasuki pasar eropa timur ini, namun akan kita upayakan,” ujarnya.

Lebih lanjut Erzaldi menyampaikan bahwa untuk untuk menembus pasar Eropa timur, Pemprov Babel akan melibatkan Kamar Dagang Industri (Kadin) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan lembaga terkait, guna mempercepat pemasaran lada dan produk UKM daerah.

“Dalam waktu dekat saya akan memanggil Kadin dan HIPMI, saya minta mereka untuk menggarap lada disana dan ini sudah kita buka. Kemarin saya sudah laporkan ke pak Menko dan Pak Dubes bahwa kami akan membuka pasar disana,” terang Erzaldi.

Erzaldi menyebutkan bahwa pada intinya Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan mengedepankan UMKM terlebig dahulu, apabila UMKM sudah mampu menguasai pasar, maka akan dilanjutkan ke Trader dalam skala besar.

“Kita akan mengedepankan UMKM dulu, kalau UMKM sudah menguasai pasar disana, baru ke Trader. Dan saya berharap UMKM-UMKM Babel dapat membuka pasar pada bulan Desember mendatang,” tutupnya. (Wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish