Home / BANGKA BELITUNG / Polres Basel Menuju Zona Integritas, Bebas Korupsi dan Bersih Melayani Masyarakat Basel

Polres Basel Menuju Zona Integritas, Bebas Korupsi dan Bersih Melayani Masyarakat Basel

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Polisi Resor (Polres) Bangka Selatan (Basel) masuk dalam nominasi Polres terbaik dengan menerapkan wilayah zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani, hal ini disampaikan Kapolres Basel. AKBP. Aris Sulistyono, Rabu (01/8) di ruang kerjanya.

“Tanggal 25 Juli lalu, Polres basel telah menghadiri undangan dari Kemenpan RB terkait adanya pra evaluasi zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani,” kata Aris kepada wartawan.

Menurutnya, Polres Basel saat ini telah memenuhi syarat penilaian menuju zona integritas bersama 54 Polres, Polresta dan Polrestabes seluruh indonesia.

“Tentunya ini sebuah kebanggan, pak Bupati senang, pak Gubernur senang dan Kapolda juga tentunya berharap itu,” ujarnya.

Akan tetapi, ia menuturkan masih ada penilaian selanjutnya dari tim survey Kemenpan RB yakni secara survey lapangan secara terbuka.

“Kalau kemarin penilaian berupa tim mendatangi ke Polres Basel. Kapolres dengan paparannya dan menyiapakan program unggulannya,” kata Aris seraya mengatakan saat ini Polres Basel sudah mempunyai SKCK keliling, SPKT 9 kunci pelayan terpadu.

Tidak disitu saja, Aris menambahkan Polres Basel akan melewati tahap berikutnya dan tim Kemenpan RB akan turun langsung untuk survey ke lapangan terkait kondisi zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah bebas bersih melayani.

“Kita akan dinilai lagi dari Kemenpan RB, tetapi kita akan berbenah, oleh sebab itu kita akan bersikap humanis kepada masyarakat termasuk penegakan hukum dan pelayanannya,” tukas Aris dengan berharap dibantu rekan media juga dalam pelurusan pemberitaan.

Selain itu, Polres juga akan melakukan survey kepada koresponden dalam waktu dekat ini terkait peningkatan pelayanan publik dan sarana prasarana serta perabikan SDM selama lima bulan kepemimpinannya.

“Kita juga akan lakukan survey, mengenai apa yang perlu ditingkatkan, karena masukan dan kritik dapat membangun Polres Basel lebih baik lagi,” katanya.

Adapun zona integritas, jelas Aris yakni penilaian dari fungsi pelayanan dan program-program yang diselenggarakan di internal-internal. “Pelayanan publik kini sudah satu atap dengan waktu lebih cepat, saspran kita tingkatkan dan SDM kita perbaiki, dan kita alhamdulillah sudah memenuhi syarat itu,” jelasnya.

Penilaian pertama Polres Basel menuju zona integritas kemarin yakni tim dari Polres Sidoarjo, di pimpin Kombes Pol. Anwar.

“Yang hadir berikan penilaian kemarin yakni juara Polres zona integritas, Polres Sidoarjo dengan Kapolres Kombes Pol Anwar, pangkat Kombes pertama di Polres Sidoarjo, mereka itu mendapat penilaian terbaik dari Kemenpan RB dengan datang ke Polres Basel dan nilai. Kita siap, dan Alhamdulillah Polres Basel memenuhi syarat itu,” tutur Aris didampingi Wakapolres Basel. Kompol. Suwinto dan Kasatreskrim AKP. Hary Kartono.

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish