Home / BANGKA BELITUNG / Tahun Ajaran Baru Siswa Baru Dikenalkan Lingkungan Sekolah

Tahun Ajaran Baru Siswa Baru Dikenalkan Lingkungan Sekolah

Tahun Ajaran Baru Siswa Baru Dikenalkan Lingkungan Sekolah

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah kepada calon siswa baru dalam tahun ajaran baru selalu dilakukan, begitu juga sekolah Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Cahaya Toboali Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Dalam mengawali tahun ajaran baru 2018-2019, TKIT Basel mengisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah untuk seluruh siswa Selama satu pekan penuh, Senin (16/7).

Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini bertujuan untuk dapat menjadi waktu adaptasi bagi siswa yang baru masuk dan juga siswa lama yang sekian lama liburan sekolah.
Selain pengenalan lingkungan sekolah, siswa baru juga dikenalkan dengan para guru serta antar siswa.

Siswa baru yang awalnya masih tampak malu-malu pun secara perlahan mulai lebih terbuka dan mau bermain dan bernyanyi bersama lainnya. Bahkan para siswa juga mulai dikenalkan dan dibiasakan dengan beberapa materi pembelajaran yang disampaikan di sekolah berupa hafalan doa, hafalan hadits dan juga hafalan surat-surat pendek dalam Alquran.

Kepala Sekolah TKIT Cahaya, Mardiah menjelaskan, untuk tahun ajaran 2018-2019 ini jumlah siswa yang baru masuk sejumlah 66 siswa dan siswa lama ada 50 siswa.

“Siswa-siswi ini nantinya dibagi ke dalam 2 rombongan belajar, yaitu kelas A dan kelas B dan masing-masing rombongan belajar terdiri dari 2 kelas,” kata Mardiah.

Selama masa pengenalan lingkungan sekolah, lanjut Mardiah, para orang tua siswa masih diperkenankan untuk mendampingi putra-putri mereka di sekolah dan secara bertahap melatih mereka untuk dapat ditinggalkan di sekolah.

“Selama pengenalan lingkungan sekolah, kegiatan pembelajaran berlangsung dari pukul 07.30 Wib sampai pukul 10.00 Wib, nantinya bila pembelajaran sudah berjalan normal, jam pulang sekolah pukul 11.30 Wib,” jelas Mardiah.

Pihaknya menambahkan diakhir masa pengenalan lingkungan sekolah ini nantinya juga akan ada sesi khusus antara guru dan orang tua siswa dalam kegiatan seminar parenting.

Untuk itu, Mardiah mengharapkan kegiatan ini orang tua siswa dan sekolah dapat memiliki gambaran yang sama dalam proses pembelajaran di sekolah hingga dapat bergandengan tangan mencapai visi pendidikan yang telah ditetapkan oleh TKIT Cahaya, yaitu menghadirkan generasi sholeh dan sholeha, cerdas dan mandiri.

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish