Home / BANGKA BELITUNG / Harga Ayam Potong di Pasar Muntok Selama Ramadhan Masih Bertahan

Harga Ayam Potong di Pasar Muntok Selama Ramadhan Masih Bertahan

MUNTOK, LASPELA – Harga ayam potong di Pasar Muntok pada dua belas hari puasa masih bertahan pada harga Rp. 35 ribu per kilogram. Sebelum memasuki bulan puasa, harga ayam per kilogram berkisar Rp. 33 ribu hingga Rp. 35 ribu.

Beberapan penjual ayam yang ditemui Laspela di Pasar Muntok, Selasa ( 29/5/2018 ) mengatakan, harga tersebut masih terus bertahan.

” Harga ayam sekarang Rp. 35 ribu per kilo. Sebelum puasa harga berkisar antara Rp. 33 ribu hingga Rp. 35 ribu. Sekarang masih bertahan di harga Rp. 35 ribu, belum mengalami kenaikan,”
tutur Acong, salah seorang penjual ayam di Pasar Muntok.

Menurut Acong, kalau dilihat dari pengalaman di tahun sebelumnya, harga ayam potong akan mulai mengalami kenaikan pada dua minggu atau sepuluh hari sebelum lebaran. Acong memperkirakan, kenaikan tidak akan mencapai Rp. 40 ribu per kilo gram.

” Perkiraan kenaikan menjelang lebaran di kisaran Rp. 38 ribu, tapi nggak sampai ke angka Rp. 40 ribu per kilo,” ujarnya.

Acong mengatakan, permintaan ayam potong dalam bulan Ramadhan ini cukup banyak bila dibandingkan dengan hari – hari biasa. Penyebabnya menurut dia, masyarakat di bulan puasa ini tidak begitu berminat mengkonsumsi ikan dan lebih cenderung untuk mengkonsumsi ayam.

” Pembeli cukup ramai. Kalau dibandingkan dengan hari – hari biasa karena orang – orang di bulan puasa ini tidak begitu mau makan ikan. Jadi ayam lah yang lebih diminati,” tukas dia.

Hal itu terbukti dari dagangan Acong dan beberapa pedagang ayam potong lainnya. Setiap hari Acong menyiapkan 50 ekor ayam atau sekitar 75 kilogram di meja tempatnya berdagang, dan selalu habis terjual.

” Ya alhamdulillah, setiap hari sejak pagi saya membawa atau menyiapkan 40 hingga 50 ekor ayam potong dan selalu habis terjual,” tutup Acong. ( SK )

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish