Besok, Peserta Kirab Pemuda Nusantara Tiba di Basel

Harris Setiawan

TOBOALI, LASPELA – Peserta Kirab Pemuda Nusantara (KPN) tahun 2017 dijadwalkan akan tiba di Bangka Selatan pada, Kamis (9/11) siang. Sebelumnya, peserta Kirab Pemuda Nusantara yang berasal dari 34 Provinsi se-Indonesia ini dijadwalkan akan bertemu dengan Gubernur Babel pagi harinya.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DPKPO) Basel, Haris Setiawan mengungkapkan begitu tiba di Bangka Selatan, para peserta KPN akan diajak mengikuti Fam Trip (city tour toboali) serta makan malam bersama Bupati Basel. Kirab Pemuda bersama Pawai Budaya akan dilaksanakan pada Jumat (8/11) pukul 07.00 WIB dengan garis start di Simpang YPK menuju Laut Nek Aji.

” Pada saat itu juga sekaligus dilaksanakan Upacara Hari Pahlawan 2017, dilanjutkan dengan pembukaan acara, deklarasi, pameran serta pentas seni,” jelas Haris, Rabu (8/11/2017) kepada LASPELA.

Lanjut Haris, Usai Sholat Jumat, acara dilanjutkan dengan Pemuda Membaca Kitab Suci yang akan dilaksanakan di GOR Junjung Besaoh dan malam harinya dilanjutkan dengan pemilihan Bujang Dayang Basel 2017.

” Dan pada Sabtu pagi, ada olah raga bersama, bakti sosial, bersih-bersih di kawasan wisata Batu Belimbing serta ada Festival Band Indie, para peserta KPN juga akan mengunjungi objek wisata Desa Tukak, Tanjung Kerasak dan Pulau Tinggi, sementara pada malamnya persiapan Gala Kirab,” sebut Haris.

Sebelumnya, para peserta KPN akan diikuti sebanyak 72 Kabupaten dan kota di 34 provinsi se-Indonesia. Peserta kirab ini, berasal dari berbagai latar belakang suku, agama dan ras. Salah satu tujuan kirab ini adalah untuk memperkuat persatuan bangsa, selain itu juga diharapkan membantu promosi potensi wisata daerah.

Kirab Pemuda ini, direncanakan puncak acara di Bangka Selatan selama 3 hari berturut, yakni dari Tanggal 9 sampai 11 November 2017. Kirab Pemuda Nusantara 2017 ini, diiikuti pemuda terbaik hasil seleksi Kemenpora RI, dimana masing-masing provinsi akan diwakili 1 orang pria dan 1 orang perempuan yang akan menjadi peserta Inti.

Selain itu, Kirab juga akan diikuti peserta yang berasal dari duta pemuda kreatif, pemuda pelopor, perwakilan pemuda berprestasi, mahasiswa/pelajar dan komunitas komunitas pemuda kreatif yang ada dari setiap daerah. (Adv/Tra)