Kampoeng Literasi Atap Langit akan Diresmikan Kemendikbud RI

PANGKALAN BARU, LASPELA – Selain menghadiri acara Gerakan Indonesia Membaca Kabupaten Bangka Tengah, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Ir. Harris Iskandar, Ph.D diagendakan akan meresmikan Kampoeng Literasi Atap Langit Desa Air Mesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru, Selasa (7/11/2017).

Kegiatan Kampoeng Literasi mendukung program pemerintah yakni Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan Kabupaten Bangka Tengah turut andil dalam mensukseskan program Pemerintah ini, Puncak kegiatan dengan melibatkan 6.666 masyarakat untuk mengkhatamkan Al-Qur’an dan membaca terjemahan yang akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Air Mesu Timur.

Poni Auri selaku Founder Kampoeng Literasi Atap Langit Desa Air Mesu Timur menuturkan Kampoeng Literasi ini harus mendapatkan dukungan dari semua pihak karena membaca merupakan salah satu kunci membuka jendela dunia karena mendekatkan diri dengan buku merupakan salah satu sumber informasi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

” Kedepan Kampoeng Literasi ini menjadi tempat penyelenggaraan beragam aksi literasi masyarakat, dengan difasilitasi berbagai bahan bacaan yang konstektual sekaligus terbuka diharapkan mampu merangsang sekaligus memfungsikan hasil bacaan sehingga bisa bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Mengutamakan 6 komponen kegiatan literasi ini (Literasi baca tulis, Literasi Berhitung, Literasi Sains, Literasi Teknologi Informasi dan komunikasi, Literasi Keuangan, Literasi budaya dan kewarganegaraan) akan lahir dan tumbuh simpul-simpul masyarakat yang literat agar kegiatan di masyarakat terus berdenyut dan berkelanjutan karena literasi adalah poros pendidikan sepanjang hayat,” Beber Poni Auri kepada LASPELA.

Peresmian Kampoeng Literasi ini dijadwalkan Jam 09.00 WIB rombongan Dirjen bertolak dari Jakarta dan tiba di Bandara Depati Amir Bangka Tengah, yang juga akan didampingi Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung DR. H. Erzaldi Rosman dan Bupati Kabupaten Bangka Tengah Ir. H. Ibnu Saleh, MM beserta unsur muspida lainnya.(*)