Home / BANGKA BELITUNG / Angka Kemiskinan di Bateng Diklaim Turun
Bupati Bangka Tengah, Ir. Ibnu Saleh. (foto: Herdian/LASPELA)

Angka Kemiskinan di Bateng Diklaim Turun

KOBA, LASPELA- Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, mengklaim, angka kemiskinan di daerah tersebut menurun. “Kendati pertumbuhan ekonomi secara makro melambat, tetapi angka kemiskinan di Bateng ini cenderung menurun,” kata Ibnu, Senin 7 Agustus 2017.

Menurut Ibnu Saleh, daya beli masyarakat terutama di daerah pedesaan justru cenderung meningkat kendati grafik perekonomian secara makro cenderung menurun.

“Ini terjadi akibat banyaknya kegiatan pembangunan di daerah pedesaan yang melibatkan masyarakat, ditambah lagi dana alokasi desa (ADD) terus meningkat untuk program pembangunan desa,” jelasnya.

Selain itu, menurut Ibnu pemerintah desa juga lebih kreatif dan selalu berinovasi menggali potensi sumber daya alam yang ada sehingga hasilnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Pertumbuhan UMKM yang menunjukkan grafik positif juga mempengaruhi kesejahteraan masyarakat, sehingga roda ekonomi di tataran akar rumput cukup kokoh,” imbuhnya.

Meski demikian, dalam skala besar pertumbuhan ekonomi di Bangka Tengah memang melamban dan kondisi tersebut juga menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah.

“Di antara upaya tentu menggeliatkan dunia investasi di daerah ini karena pengaruhnya sangat besar terhadap pondasi perekonomian secara makro,” pungkas dia. (Ant)

Editor: Stefanus H. Lopis

 

 

 

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: