Home / EDU-BUDAYA / Tetap Sehat Tanpa Nasi 
Ilustrasi

Tetap Sehat Tanpa Nasi 

LASPELA- Tanpa mengonsumsi nasi, ternyata seseorang bisa tetap mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Pemerhati Gaya Hidup dan Ahli Nutrisi, Jansen Ongko menjelaskan, diet ini efektif bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Konsumsi nasi bisa diganti buah yang juga mengandung karbohidrat. Jansen mengatakan, buah sebetulnya mengandung zat gula yang diperlukan tubuh namun jumlahnya tidak banyak. “Jadi orang yang mengonsumsi buah mendapat asupan karbohidrat,” katanya, Kamis (2/2/2017).

Sebelum melakukan diet, Jansen mengingatkan untuk memperhitungkan terlebih dulu kebutuhan energi dasar. Konsumsi setiap hari tidak boleh kurang dari Basal Metabollic Rate (BMR), yaitu kebutuhan energi saat tidak beraktivitas. Kandungan gizi dalam asupan dan keperluan ebergi harian juga tak boleh luput dari perhatian saat melakukan diet.

Jansen juga mengingatkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh lainnya. Misal protein, lemak, vitamin, dan mineral yang bisa diperoleh dari asupan lainnya.

Dia mencontohkan penambahan yogurt pada jus buah untuk memenuhi kebutuhan protein, atau pemberian flaxseed untuk mencukupi asupan lemak.

harnas.co

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: