Home / BANGKA BELITUNG / KABUPATEN BANGKA TENGAH / Jurnalis Dan Humas Bateng Sambangi Pemda Lombok Tengah

Jurnalis Dan Humas Bateng Sambangi Pemda Lombok Tengah

Lombok, Laspela – Rombongan humas dan media yang liputan diwilayah Pemda Bangka (Bateng) sejak tanggal 28 November hingga 03 Desember 2016 pekan kemarin berkunjung ke Pemda Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kedatangan rombongan yang berjumlah 11 orang tersebut dalam rangka pertukaran informasi tentang Perpustakaan Data Elektronik, Arsip dan Dokumentasi (PDE) di daerah itu.

Selain kunjungan ke Lombok, pada Kamis (01/12) rombongan pun mendatangi Kantor Dewan Pers terkait penyebaran informasi antara pemerintah dengan media yang diterima oleh Rita, Kabag Pengembangan Pers dan Hubungan Antar Lembaga Dewan Pers. Adapun rombongan media yang turut serta dalam kegiatan tersebut yakni Laskar Pelangi, Rakyat Pos, Bangka Pos, Radar Bangka, LKBN Antara, MNC Media, New Radio dan TVRI.

Selama di Pemda Lombok Tengah, rombongan dari Bangka Tengah diterima oleh perwakilan Pemda Lombok Tengah yakni Kepala Tata Usaha PDE Pemda Lombok, Arsip dan Dokumentasi Baiq Romiwati didampingi Muhammad Hariadi, Staf di Sistem Manajemen Informatika dan Muhammad Agus Arzan, Kasubag Verifikasi dan Perekaman Data. Sementara, Drs. H. Muhammad Zarkasi, Kepala PDE, Arsip dan Dokumentasi berhalangan hadir ketika itu.

“Keunggulan PDE ini hanya untuk keseragaman data. Misalnya, satu website bisa terkoneksi bagi seluruh SKPD yang ada di Pemda Lombok Tengah. Rencana kedepan, semua SKPD diupayakan satu pintu di PDE,” ujar Kepala Tata Usaha PDE Pemda Lombok, Arsip dan Dokumentasi Baiq Romiwati dalam kunjungan tersebut.

Ia mengatakan, untuk website sendiri, sementara ini tetap dikelola oleh humas Pemda Lombok Tengah. Namun, karena ada perubahan perangkat daerah yang akan berjalan Januari 2017 ini, maka tupoksinya bisa berada dibawah humas yang terkoneksi dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika.

“Untuk tahun depan, sudah ditentukan 6 SKPD yang akan dilakukan pembinaan, yang nantinya dikelola oleh humas karena ada perubahan perangkat daerah. Untuk dasar penerapan PDE sendiri mengacu pada Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik yang merupakan perintah Pemerintah Pusat. Adapun nama dinas yang saat ini akan dibina yakni Dinas Capil, BPMPD, Dinas Pariwisata, Dinkes,” ujarnya.

Terpisah, Meriyawati perwakilan dari Humas Pemda Bangka Tengah menambahkan informasi tentang PDE ini untuk menambah ilmu pengetahuan tentang tata kelola perpustakaan data elektronik. Bahkan katanya, sistem penerapannya akan disesuaikan dengan kondisi di Pemda Bangka Tengah.

“Terima kasih kami haturkan dengan telah diterimanya kunjungan rombongan Jurnalis dan Humas Pemda Bangka Tengah. Banyak pelajaran berharga dalam penambahan ilmu pengetahuan untuk kami tentang pengolahan data secara elektronik yang saat ini diterapkan Pemda Lombok Tengah,” ujarnya singkat usai kunjungan pada Selasa pekan kemarin. (hfe)

About Junianto Ade Sahputra

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: