Home / BANGKA BELITUNG / Pospeda Bangka 2016 Digelar, Ponpes Bahrul Ulum Islamic Center Juara
Foto bersama usai penutupan Pospeda kala itu.

Pospeda Bangka 2016 Digelar, Ponpes Bahrul Ulum Islamic Center Juara

SUNGAILIAT, LASPELA– Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Islamic Centre Sungailiat keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) Tingkat Kabupaten Bangka tahun 2016. Ponpes tersebut menempati urutan teratas, setelah mendominasi di cabang olahraga atletik, bulutangkis, futsal dan senam santri serta cabang seni cipta puisi islami dengan perolehan medali, 16 emas 6 perak dan 6 perunggu.

Sedangkan  ponpes Al- Islam Kemuja berada di urutan kedua dengan 9 emas, 4 perak dan 6 perunggu yang unggul di cabang olahraga sepaktakraw serta cabang seni kaligrafi hiasan masaf alquran dan pidato 3 bahasa (Indonesia,Arab dan Inggris). Sementara urutan ketiga ditempati Ponpes Darunnajah Paya Denua dengan mengoleksi 6 emas 13 perak dan 2 perunggu.

 Bupati Bangka diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) kabupaten Bangka, Dalyan Amrie,  ketika menutup secara resmi Pospeda, Kamis (19/5), di Gedung Wanita Sungailiat menyerahkan piala dan bonus khusus dari Bupati Bangka untuk juara umum 1, 2 dan 3. Menurut Dalyan untuk bonus juara sebesar Rp.15.300.000 dari Dispora Kabupaten Bangka, akan diserahkan kemudian.

 Dirinya lantas berharap agar pimpinan Ponpes mendukung penuh ke 64 santri yang terseleksi pada Pospeda untuk berlatih optimal sehingga dapat berprestasi di Pospeda tingkat propinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Juli 2016 mendatang, setelah Idul Fitri yang dipusatkan di Pondok Pesantren Nurul Falah Air Mesu Bangka Tengah.

“Santri dari Kabupaten Bangka semoga bisa mewakili Propinsi Bangka Belitung pada Pospenas VII di Serang Banten pada tanggal 22 sampai 28 Oktober 2016,” ujar Dalyan. Dikatakannya, kegiatan 2 tahunan itu bisa menambah pengalaman para santri untuk meningkatkan prestasi serta mewujudkan Filosofi yakni berlomba dalam kebajikan mengharapkan ridho Allah SWT.

Pospeda yang dibuka Bupati Bangka Tarmizi Saat, Rabu (18/5) dan ditutup Kamis, (19/5) tersebut disemarakan dengan  yel yel dan tarian syukur ala santri oleh 8 kontingen ponpes pada acara penutupan.

Pospeda diikuti  perwakilan pondok pesantren di wilayah Kabupaten Bangka terdiri dari 262 atlet, 45 pelatih, 9 panitia inti dan 50 panitia, wasit/juri. Sementara itu, Cabang olahraga dan seni yang diperlombakan meliputi, Atletik, Bulu Tangkis, Futsal, Sepak takraw, Senam Santri, Seni Pidato, Kaligrafi dan Cipta Puisi.[tom]

 

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: