Kelola Rumah BUMN Belitung, PT Timah Bantu Pasarkan Ratusan Produk UMKM

PANGKALPINANG, LASPELA – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berperan untuk memperkuat ekosistem ekonomi daerah. Mengembangkan produk lokal dan memberdayakan pelaku usaha kecil menjadi salah satu komitmen PT Timah untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

PT Timah sejak tahun 2000 silam secara konsisten mendukung para UMKM untuk berkembang dan mandiri melalui program Pendananaan Usaha Mikro Kecil (PUMK). Program PUMK PT Timah mendukung permodalan, pendampingan, pembinaan dan juga turut dalam promosi dan pemasaran produk UMKM di Wilayah Operasional Perusahaan.

Salah satu mendukung promosi dan pendampingan yang dilakukan PT Timah ialah dengan mengelola Rumah BUMN Belitung. Melalui Rumah BUMN Belitung diharapkan para UMKM dapat terus berkembang dan mandiri sehingga bisa mendorong perekonomian masyarakat. Rumah BUMN Belitung yang terletak Jl Kemuning kelurahan Parit, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung bisa menjadi pilihan alternatif wisatawan untuk membeli buah tangan khas Belitung.

PT Timah Tbk sebagai pengelola Rumah BUMN Belitung terus mengembangkan layanan. Saat ini, sudah ada ratusan produk UMKM yang dipasarkan. Produk yang dipasarkan seperti kerajinan, makanan, batik dan lainnya.

PT Timah juga memfasilitasi para UMKM untuk mengikuti berbagai pelatihan agar bisa meningkatkan kapabilitas mereka dalam mengembangkan produk, maupun menembus pasar global. Baru-baru ini, PT Timah juga ikut mendukung kegiatan pelatihan ‘Empowering Local Brand, Meningkatkan Daya Saing UMKM Berbasis Sustainability dan Go Global‘ yang dilaksanakan berkolaborasi dengan berbagai BUMN lainnya.

Direktur Eksekutif Forum Tanggung Jawab Sosial danLingkungan (TJSL) Kementerian BUMN, I Gede Arimbawa Yasa mengapresiasi komitmen PT Timah yang telah mengelola Rumah BUMN Belitung. “PT Timah menjadi pengelola Rumah BUMN Belitung dan ini jadi langkah positif perusahaan untuk menunjukkan kepeduliannya bagi masyarakat sekitar dalam bentuk pelatihan untuk menigkatkan kreativitas usaha,” katanya

Menurutnya, hal ini merupakan upaya perusahaan untuk mendorong untuk menumbuhkan UMKM baru dan bisa meningkatkan kreativitas para UMKM.

“Kami dari forum BUMN berharap keberlangsung program Rumah BUMN Belitung yang dikelola PT Timah untuk tetap konsisten komitmen mendorong UKM tumbuh baru. Kehadiran PT Timah dalam mendorong kreativitas UMKM diharapkan dapat mendukung pertumbuhan UMKM dan menjadi industri yang ujung-ujungan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.(**)

Sumber : www.timah.com