Ditetapkan Sebagai Kota Kreatif di Indonesia, Pangkalpinang Jadi Role Model Kota Kreatif di Babel

Kepala Bidang Ekraf, Dispar Kota Pangkalpinang, Susi Erawati, Selasa (3/9/2024).

PANGKALPINANG, LASPELA –Kota Pangkalpinang saat ini telah ditetapkan sebagai kota kreatif Indonesia dan merupakan Role Model dari Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Hal ini dijelaskan Kepala Bidang Ekonomi dan Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Pangkalpinang, Susi Erawati

“Kota Pangkalpinang telah menjadi Kota Kreatif Indonesia, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan tujuan kota Pangkalpinang akan lebih berkembang sehingga semua pelaku ekonomi kreatif pun ikut berkembang,” katanya, Selasa (3/9/2024).

Dengan status Pangkalpinang tersebut seiring dengan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Kota Pangkalpinang, Dispar Kota Pangkalpinang akan menggelar Festival Serumpun Pangkalpinang ke-2 yang akan berlangsung pada 6 hingga 7 September 2024.

“Didalam Festival Serumpun Pangkalpinang ke-2 ini, kita akan melibatkan beberapa subsektor, ada Kuliner, Kriya, Potographi, Arsitektur, Musik dan Fashion. Pada Festival Serumpun Pangkalpinang ke-2 ini lebih ke Fashion, karena kita sebagai Kota Kreatif adalah Kota yang bisa berjejaring secara Nasional dan Internasional,” ujarnya.

Menurut Susi, Fashion di Kota Pangkalpinang sudah berjejaring antara Nasional dan Internasional, sehingga dengan ini berpotensi besar untuk membuka ekonomi dan kreatif Pangkalpinang dapat dilihat secara mendunia dalam Festival Serumpun Pangkalpinang ke-2.

“Nanti akan ada Fashion Designer yang luar biasa baik Nasional dan Internasional yang akan menampilkan karyanya di Festival Serumpun Pangkalpinang ke-2,” ujarnya.

Event ini menjadi suatu kesempatan bagi Ekraf Pangkalpinang untuk dapat membranding produknya sendiri, Fashion Designer Lokal akan menampilkan produk Bangka Belitung yaitu Batik Cual yang akan ditampilkan oleh Ibu dan Bapak Penjabat.

“Disitu mereka akan menampilkan khas Batik dari Pangkalpinang, sementara Fashion Designer dari luar mereka juga akan menampilkan karyanya. Event ini akan bertaraf ditingkat Nasional dan Internasional,” katanya.

Dengan pagelaran Fashion dengan pemilihan Batik Cual yang menjadi ciri khas Pangkalpinang, diharapkan Batik Cual mendapatkan perhatian besar dunia, sehingga Pangkalpinang dapat lebih dikenal lagi.

“Kita tunjukan ini loh Batik Cual khas Pangkalpinang, lalu karena Pangkalpinang adalah Kota Kreatif, orang yang tidak tahu Pangkalpinang akan mengenal kota kita serta tahu Batik Cual khas Pangkalpinang,” tuturnya. (dnd).