Disnaker Pangkalpinang Hadirkan Pelatihan Kerja, Empat Kompetensi Ini Dianggap Punya Potensi Besar

Sekretaris Disnaker, Amrah Sakti

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Tenagakerja (Disnaker) Kota Pangkalpinang akan menghadirkan Pelatihan Kerja tahun 2024.

Ada empat komptensi yang dihadirkan pada Pelatihan Kerja ini, diantaranya ada Otomotif, Tata Rias Pengantin, Budi Daya Ikan Ai Tawar dan Penjahit.

Sekretaris Disnaker Kota Pangkalpinang, Amrah Sakti menuturkan, keempat komtepensi ini dinilai mempunyai potensi besar di Kota Pangkalpinang, seiring dengan perkembangan modernisasi masyarakat.

“Pertama kita buka kejuruan Otomotif, alasannya karena perkembangan kendaraan itu besar nah nantinya dengan harapan kita menggelar pelatihan ini, mereka yang mengikuti bisa masuk kedunia kerja atau dia bisa berwirusaha,” ujarnya, Kamis (13/6/2024).

Perkembangan kendaraan saat ini juga sangat luar biasa, sehingga memang didunia kerja sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kompetensi tersebut.

“Sehingga dengan kebutuhan itu, maka kita berupaya untuk menghadirkan SDM tersebut,” katanya.

Lalu ada pula pelatihan Menjahit, diera modernisasi fashion saat ini, masyarakat sangat memperdulikan fashion dengan kiblat perkotaan.

Tidak sedikit masyarakat yang membuat baju sendiri agar baju tersebut tidak pasaran.

“Kami perhatikan pertumbuhan dari kebutuhan masyarakat terhadap fashion juga berimbang, terutama pada suasana-suasana tertentu, seperti Natal, Lebaran, Tahun Baru, Imlek itu sangat luar biasa,” ujarnya.

Kemudian juga ada Tata Rias Pengantin, dimana perkembangan MUA sangat pesat terjadi di Pangkalpinang, trend MUA perkotaan pun mulai masuk ke Pangkalpinang serta industri-industri kecantikan marak dan seimbang.

“Untuk itu, dengan ini akan menjadikan Pangkalpinang mempunyai daya saing yang tinggi, melihat trend-trend kecantikan dimedsos yang semakin tumbuh,” ujarnya.

Lalu terkahir, ialah pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar. Perkembangan kuliner di Kota Pangkalpinang menjadi kesempatan bagi para pelaku budidaya ikan meraup keuntungan, ditambah potensi ini masih sepi peminat.

“Kami pernah berdiskusi dengan para pelaku usaha kuliner, seperti rumah makan padang dan pecel lele ternyata mereka sangat butuh pemasok ikan lele, pernah kejadian pasokan lele tidak ada sehingga para pelaku ini kebingungan, untuk itu kita memang membutuhkan SDM tersebut,” katanya.

Sementara itu, pendaftaran untuk mengikuti Pelatihan Kerja sendiri dimulai 10 Juni hingga 23 Juli, dilanjutkan seleksi dari tanggal 24 hingga 25 Juli dan pemanggilan peserta 26 Juli 2024.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran pelatihan sikahkan menghubungi whatsApp 082175001177 atau 082181663797. (dnd)