Lantik 21 Anggota Panwascam, Ketua Bawaslu: Kawal Demokrasi!

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang, melantik 21 Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk 7 Kecamatan di Kota Pangkalpinang. Digelar di Ballroom Safran Hotel, pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Imam Ghozali, Jumat (24/5/2024).

Dari 21 Panwascam, diketahui 11 diantaranya sudah pernah menjadi Panwaslu dan 10 lainnya ialah peserta baru. Imam mengatakan tugas pertama Panwascam ialah harus melaksanakan tugas dan kewajiban mereka dalam pengawasan Pemilu di tingkat kecamatan.

“Lalu mereka harus bekerja penuh waktu untuk mengawal demokrasi yang ada di Kota Pangkalpinang terkhusus tingkat kecamatan masing-masing,” katanya.

Kedepannya pun pihaknya akan melakukan rekruitmen untuk Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) yang akan melakukan pengawasan di Kelurahan.

Imam juga mengatakan, jika 10 anggota baru tersebut haruslah belajar dan cepat beradaptasi dengan anggota lama, dan teman-teman lama juga dapat bersama bekerja dan menjalankan peranan dan fungsinya secara kolektfi kolegial di Kecamatannya masing-masing.

Pihaknya juga telah menggelar rapat Pleno bagi anggota Panwascam untuk pemilihan Ketua Panwascam dan devisinya di kecamatan masing-masing. “Kami menunggu pleno mereka, siapa yang nanti akan kenjadi ketua dan akan menjadi divisi divisinya,” ujarnya.

Ia juga berharap kepada anggota yang ada di kecamatan bekerja secara maskimal hadir di tengah-tengah masyarakat Kota Pangkalpinang, hadir mengawal demokrasi.

“Supaya pada Pilkada kedepan Pangkalpinang sejuk dan damai dan melahirkan pemimpin yang seusai dengan keinginan masyarakat kota Pangkalpinang,” tuturnya (dnd)