Pemkab Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Relokasi di Desa Kurau

BANGKA TENGAH, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Diperkimhub) melaksanakan sosialisasi Mekanisme Pemberian Bantuan dan Pembukaan Rekening Bank Sumsel Babel Terkait Kegiatan Relokasi Program Kabupaten Bangka Tengah Melalui Dana DAK Tematik Penanganan Permukiman Kumuh Terpadu (PPKT) TA 2024 kepada warga Desa Kurau di Gedung Serba Guna Desa Kurau, Kecamatan Koba, Rabu (27/03/2024). Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman yang hadir membuka kegiatan mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan langkah awal dimulainya tahapan-tahapan dalam pembangunan baru rumah swadaya yang akan diberikan kepada warga Desa Kurau dan Kurau Barat yang terkena dampak penataan permukiman kumuh.

“Ini merupakan tahap awal dari program penataan kawasan kumuh yang ada di Kurau, untuk itu kita sosialisasikan mekanisme penerimaan bantuannya seperti apa dan kita juga di sini menjelaskan kepada masyarakat bahwa progres pembangunan akan segera kita mulai,” katanya.

Algafry mengatakan, tahapan selanjutnya adalah pembangunan 119 unit rumah tipe 36 yang akan dilaksanakan secepatnya setelah libur Idulfitri

“InsyaAllah setelah lebaran kita ke tahapan selanjutnya yaitu land clearing, dan rencananya pada Agustus kita sudah melaksanakan pembangunan rumah bagi masyarakat yang terdampak,” katanya.

Bupati berharap warga dapat turut serta mendukung dan membantu pemerintah mengawasi proses pembangunan ini agar berjalan dengan lancar.

“Kita ingin bersama masyarakat benahi kawasan pinggiran sungai Kurau ini agar dilakukan perbaikan, dan ini menjadi prioritas kita bersama dengan dukungan juga dari kejaksaan negeri dan kepolisian,” katanya.

Sementara itu, Kepala Diperkimhub Bangka Tengah, Fani Hendra Saputra mengatakan, keberhasilan program relokasi warga tidak lah lepas dari peran dan dukungan pihak-pihak terkait yang bersama-sama memiliki komitmen terhadap pembangunan di Bangka Tengah.

“Saya ucapkan terima kasih terutama dari pihak-pihak yang akan berkolaborasi dalam melaksanakan pembangunan ini. Kita mendapatkan dukungan dari Kejari, BPN, Satpol PP, teman-teman di kecamatan, kemudian dari Bank Sumsel Babel, dan juga PLN,” kata Fani. (jon)