Sempat Dihentikan, Kini Pelayaran di Pelabuhan Tanjung Kalian Kembali Beroperasi  

MUNTOK, LASPELA — Pelayaran kapal Roro di Pelabuhan Tanjung Kalian, Mentok Kabupaten Bangka Barat (Babar) sempat dihentikan sejak Minggu (29/1) hingga Senin (30/1). Namun kini aktivitas sudah berjalan normal karena dinilai cuaca sudah tidak ekstrim lagi.

Pihak Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) sudah memberangkatkan sebanyak 5 kapal dengan rute Pelabuhan Tanjung Kalian ke Pelabuhan Tanjung Api-api, Sumatera Selatan sejak dini hari tadi.

“Sudah mulai beroperasi subuh tadi jam 4, sudah lima trip yang beroperasi dari jam 4 itu waktunya sejam setengah pertrip,” ungkap GM ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian, Christopher Samosir, Selasa (31/1/23).

Para penumpang yang sudah menunggu di kawasan Pelabuhan pun sudah diberangkatkan semua. Hanya tersisa kendaraan truk yang memang dibatasi untuk berlayar dengan alasan keselamatan.

“Penumpang sudah terangkut, kalau posisi sekarang di area Pelabuhan truk sedang 69 unit, truk besar 6 unit, kalau kendaran kecil sudah diangkut semua,” jelasnya.

Kemudian untuk berapa trip hari ini kapal dioperasikan, Chirstoper belum bisa memastikan, lantaran masih menunggu update cuaca serta arahan dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD). (oka)