16 Group Band Ikuti Festival Band Milenial Space di Gedung Juang Sungailiat

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 16 group band di Bangka Belitung mengikuti Festival Band yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Bangka.

Bertemakan Milenial Space atau Generasi Milenial tahun 2022, kegiatan tersebut berlangsung di Kawasan Kuliner Gedung Juang Sungailiat.

Kepala Dinparbud Bangka, Rismi Wira Madonna mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada para generasi muda untuk berkreasi di bidang seni.

“Kita memang sudah lama, tidak mengelar festival band, juga karena pandemi Covid-19. Dan sekarang kondisi semakin membaik, maka kita selenggarakan kegiatan festival band. Diharapkan melalui kegiatan festival ini, para generasi muda yang memiliki bakat di bidang musik, akan bisa dapat berkreasi dan menyalurkan bakat mereka pada kegiatan festival ini,” kata Rismi, Sabtu (17/9/2022)

Dikatakannya, Festival Band Milenial tahun 2022 ini digelar sejak 16-18 September 2022, dengan membuka dua kategori peserta.

“Untuk kategori peserta ada dua terdiri dari pelajar dan peserta umum, peserta selain dari Kabupaten Bangka, Pangkalpinang juga ada peserta dari Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Barat yang akan tampil jadi peserta,” ujarnya.

Selain itu, mantan Camat Merawang ini juga mengatakan, dalam rangka memperingati 4 tahun Bangka Setara, pihaknya juga mengelar kegiatan lomba baca puisi untuk tingkat pelajar jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Bangka.

Untuk lomba baca puisi, kata dia, sudah dimulai hari ini, dengan tema mengusung tema Bangka Setara, yang merupakan puisi karya para seniman yang ada di Kabupaten Bangka. Sebanyak 40 peserta sudah memastikan akan tampil jadi peserta baca puisi tersebut.

“Diambil dari puisi-puisi karya seniman Bangka, seperti Zalpika, Thomas Heru Sudrajat, Baharudin Bafa (Mo) Kadin Sosial Bangka dan lainnya,” kata Wira.

Ditambahkan Wira, untuk memeriahkan kegiatan Festival Band Melenial tahun 2022 dan kegiatan lomba baca puisi 2022, pihaknya juga mengelar festival bazar kuliner yang pesertanya para pelaku UMKM di Kabupaten Bangka.

“Kegiatan Festival Bazar kuliner Bangka, ada sebanyak 27 pelaku UMKM, untuk meramaikan, kita berharap masyarakat yang datang menyaksikan selain mendapat hiburan festival band serta lomba baca puisi, juga bisa berbelanja kuliner di bazar kuliner Bangka ini,” ucap Wira. (mah)