Yuri Prihatin, Biaya Pendidikan Masih Menjadi Masalah di Belitung Timur

MANGGAR, LASPELA – Yuri Kemal Fadlullah merasa miris, pasalnya masih ada siswa yang tak bisa melanjutkan pendidikan karena tidak mempunyai biaya. Ia pun sangat menyayangkan ada putra – putri calon pemimpin masa depan, kehilangan kesempatan untuk membangun Belitung Timur, Sabtu (3/10/2020).

Ia mengungkapkan, seharusnya pemerintah harus memberikan jaminan pendidikan kepada putra putri daerahnya. Dengan komitmen selesai menempuh pendidikan, putra putri tersebut dapat kembali ke kampung halaman untuk membangun Belitung Timur.

” Ya prinsipnya Pemerintahan Daerah bisa memberikan program beasiswa, tetapi kita berikan juga komitmen kembalilah ke Belitung Timur, karena apa?? Belitung Timur butuh sarjana – sarjana, butuh anak muda yang membangun kampungnya sendiri. Itulah yang menjadi masalah, ketika diberikan beasiswa tetapi bekerja diluar,” ungkap Yuri.

Menurut Yuri, dalam menangani persoalan biaya pendidikan, pemerintah daerah bisa saja menganggarkan ataupun menggandeng pihak ketiga seperti perusahaan-perusahaan besar untuk mengadakan program beasiswa pendidikan.

” Pemerintah Daerah pada prinsipnya bisa juga melakukan program seperti itu, namun tidak mutlak mesti dari pemerintah daerah. Bisa saja dari perusahaan – perusahaan, sponsor atau kerja sama dengan mitra lain yang sebenarnya bisa memberikan program beasiswa seperti itu,” jelas Calon Bupati Beltim Nomor Urut 2 ini.(*)