Home / BANGKA BELITUNG / Mentan RI juga Fokus Kembangkan Perkebunan Lada dan Nanas di Basel

Mentan RI juga Fokus Kembangkan Perkebunan Lada dan Nanas di Basel


Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Kunjungan kerja Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo ke Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung dalam rangka penanaman padi perdana dengan program ‘Food Estate’ di area persawahan Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Selasa (25/8).

Selain fokus mengembangkan pertanian padi dan sawah, Mentan juga fokus pada penanaman di sektor perkebunan yakni lada dan Nanas.

“Selain kita kembangkan persawahan untuk mewujudkan konsep Food Estate, kita juga akan kembangkan sektor perkebunan yaitu lada dan nanas,” kata Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo, Selasa (25/8).

Diungkapkan dia, untuk Nanas akan segera jalin kerjasama dengan investor dalam waktu dekat ini. bila perlu September sudah teken kontrak.

“Dalam waktu dekat ini akan kerjasama dengan investor untuk pengelolaan nanas, karena nanas ini tidak hanya dibutuhkan di pasar lokal dan nasional, pasar dunia juga membutuhkan,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan segera menindaklanjuti beberapa fokus pengembangan perkebunan dan pertanian yang jadi fokus Mentan RI Syahrul Yasin Limpo.

“Untuk lada kita menang sudah konsen kesitu. sedangkan untuk pengembangan nanas, langkah awal yang akan segera kita lakukan adalah masalah persiapan lokasi,”.

“karena kalau pengembangannya menuju industrialisasi artinya kita butuh lahan yang cukup luas, tidak cukup hanya sepuluh dua puluh hektar dan pengembangannya nanti juga akan menggandeng investor seperti pengembangan Food Estate,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Suhadi. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: