Ketua TP PKK Basel Ajak IRT Manfaatkan Sumber Pangan di Lingkungan Sekitar

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan ibu rumah tangga dalam mengolah dan menyajikan makanan, Ketua TP PKK kabupaten Bangka Selatan (Basel) Ekawati Justiar meminta ibu rumah tangga dapat memanfaatkan sumber pangan di lingkungan sekitar.

Ia menuturkan, memanfaatkan sumber pangan di lingkungan sekitar sudah menjadi kebiasaan dan sosial budaya masyarakat Basel.

Disisi lain, lanjut dia hal ini juga dapat mengurangi dan menghindari bayi mengalami gizi buruk yang bisa mengakibatkan tidak berkembangnya pertumbuhan bayi tersebut.

“Dengan memanfaatkan sumber pangan di sekitar kita sesuai dengan kebiasaan dan sosial budaya setempat agar tercapai pemenuhan gizi anak yang tepat dan secara tidak langsung menurunkan resiko balita gizi kurang,” kata Ekawati, Selasa (20/8) di sela- sela acara Gelar Pangan Daerah dan Lomba Cipta Menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) tingkat Kabupaten Basel tahun 2019 di Sekretariat TP PKK kabupaten Basel.

Selain itu, menurut dia dengan melakukan pemanfaatan perkarangan berbasis sumber daya pangan lokal juga dapat memberikan nilai ekonomi yang menjanjikan.

“Pemanfaatan perkarangan yang berbasis sumber daya pangan lokal juga dapat bernilai Komersial,” ujarnya. (Pra)