Pemkab Basel Operasikan Mobil Perpusling Hingga ke Daerah Pelosok

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Upaya Pemerintah kabupaten Bangka Selatan (Basel) dalam meningkatkan minat baca masyarakat Basel yakni dengan mengoperasikan mobil perpustakaan keliling (Perpusling).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Narwanto mengatakan, saat ini ada satu kendaraan dinas mobil perpustakaan keliling yang beroperasi di wilayah kabupaten Bangka Selatan, diprioritaskan di bagian pelosok-pelosok daerah di Basel.

“Program ini sudah berjalan lebih dari satu tahun dan setiap hari mengikuti jam kerja. Mobil Perpusling ini fokuskan beroperasi di seluruh daerah Kabupaten Basel dengan tujuan ke sekolah – sekolah sampai ke pelosok” kata Narwanto, Kamis (27/6).

Untuk iti, lanjut dia dengan adanya mobil perpusling ini diharapkan mendorong minat baca masyarakat sebagai literasi serta edukasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Adapun pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat melalui perpusling ini termasuk kerja sama ke sekolah – sekolah maupun institusi pemustaka yang memerlukan pinjaman buku yang diperlukan,” ucapnya. (Pra)