Home / BANGKA BELITUNG / Musrenbang RKPD Tahun 2020, Justiar Minta Terwujudnya Visi Misi Pemkab Basel

Musrenbang RKPD Tahun 2020, Justiar Minta Terwujudnya Visi Misi Pemkab Basel

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Basel Tahun 2020 di Balai Daerah Pemkab Basel, Rabu (27/03) bertemakan “Percepatan Peningkatan Kapasitas Daya Saing Sumber Daya Manusia Berbasis Arah dan Kebijakan Pembangunan Kewilayahan”.

Musrenbang Kabupaten/Kota merupakan salah satu wujud nyata dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perncanaan Pembangunan Nasional dimana perencanaan sendiri diartikan sebagai proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang yang tersedia.

Dalam kesempatan itu, Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer, mengatakan sumber daya itu adalah potensi, kemampuan dan kondisi lokal, termasuk anggaran yang dikelola untuk dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dan melalui forum Musrenbang diharapkan juga akan terbentuk pengembangan partisipasi masyarakat dalam setiap proses dan pelaksanaan pembangunan,” kata Bupati Basel.

Selain itu, ia mengatakan Musrenbang RKPD ini, merupakan rangkaian proses perencanaan partisipatif yang dimulai dari tingkat desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan tingkat Nasional.

“Hal yang ingin dicapai adalah Akselerasi, adanya upaya-upaya percepatan dalam mencapai visi dan misi Pemkab Basel dalam periode 2016-2021 yaitu “Mewujudkan Bangka Selatan Mandiri, Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing” ,” tandas Justiar.

Turut hadir anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung Drs. H. Ahmad Hudarni Rani, Wakil Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, ST, Wakil Ketua DPRD Bangka Selatan Samsul Bahri, Unsur Forkopimda Basel,Plh. Sekda Basel Agus Pratomo, SE, MM, Kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi, dan Informasi Daerah BAPPEDA Prov. Kep. Babel Dr. Agung Demwi Candra, ST, M.SE, Akademisi, Kepala OPD, dan Instansi Vertikal. (Pra)

About putralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish