Home / BANGKA BELITUNG / Juarai Lomba Menulis Artikel HPN, Tulisan Mutiara Layak Dibukukan

Juarai Lomba Menulis Artikel HPN, Tulisan Mutiara Layak Dibukukan

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Lomba menulis Artikel HPN Bangka Selatan (Basel) yang diselenggarakan oleh Kelompok kerja (Pokja) Jurnalis Basel di menangi oleh siswi SMAN 1 kepulauan Pongok.

Mutiara, berhasil menjadi Juara I dalam lomba menulis artikel pariwisata dan budaya tingkat SMA se-Bangka Selatan. Sementara Juara II diraih oleh Musey Natul Hasanah, siswi SMAN 1 Payung. Dan Indah Permata Sari, siswi SMAN 1 Pulau Besar meraih posisi III dalam lomba menulis artikel yang masuk dalam rangkaian memperingati Hari Pers Nasional Kabupaten Bangka Selatan tahun 2019.

Pada lomba menulis artikel ini, Pokja Jurnalis Basel menggandeng tiga juri independen yaitu Rusmin (penulis buku), Ekawati Justiar (pemerhati pariwisata dan budaya Basel) dan Sumindar (penulis kolom opini) dalam melakukan penilaian.

“Kita melakukan penjurian secara indepenpenden, ada Rusmin penulis buku, penulis kolom opini serta penulis cerpen yang melakukan penjurian, penilaian dari sisi promosi pariwisata dan budayanya ada Ekawati Justiar, serta Sumindar, yang merupakan penulis kolom opini, harapan kita tentunya melalui kegiatan pokja, workshop jurnalistik dan lomba menulis artikel ini akan muncul jurnalis sekolah serta penulis muda yang mampu mempromosikan pariwisata dan budaya Bangka Selatan,” ungkap Ketua Pokja Jurnalis Basel Dedy Irawan, Senin (11/3).

Rusmin, menilai karya tulis artikel siswa SMA se-Basel sudah bagus, tinggal pengeditan sedikit saja dan sudah cukup layak untuk dibukukan.

“Setelah membaca tulisan anak SMA se-Basel, rerata tulisannya bagus-bagus, tinggal diedit sedikit sudah jadi tulisan yang layak untuk diterbitkan menjadi sebuah buku kumpulan artikel SMA se-Basel, dan ini sangat baik untuk memotivasi siswa menggiatkan literasi di sekolah, tulisan ini juga akan mampu mempromosikan pariwisata dan budaya Bangka Selatan,” kata Rusmin.

Sekretaris Pokja Jurnalis Basel Wiwin Suseno mengungkapkan lomba menulis artikel tingkat SMA se-Basel ini adalah salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional Kabupaten Bangka Selatan tahun 2019.

“Ada 4 rangkaian kegiatan Pokja Jurnalis Basel termasuk rangkaian HPN, workshop jurnalistik tingkat SMA, lomba menulis artikel, bakti sosial serta workshop PPID se-Basel, untuk penyerahan tropi, piaga dan uang pembinaan akan kita jadwalkan lebih lanjut,” imbuhnya didampingi anggota Pokja lainnya.

Wiwin berharap melalui kegiatan workshop jurnalistik serta lomba menulis artikel yang digelar Pokja Jurnalis Basel akan menjadi motivasi untuk meningkatkan literasi sekolah.

Adapun, lima juara harapan lainnya adalah Meliyana SMAN 1 Simpang Rimba (Juara Harapan I), Abrillioga SMAN 1 Toboali (Juara Harapan II), Ego SMAN 1 Lepong (Juara Harapan III), Hera Pramugita SMA Muhammadiyah Toboali (Juara Harapan IV) dan Suci Fatmawati SMKN 1 Toboali (Juara Harapan V).

About putralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish