Home / BANGKA BELITUNG / Pemkab Bangka Targetkan Bangun 659 Rumah Layak Huni
Bupati Bangka H. Tarmizi Saat ketika meninjau pembangunan Rumah Layak Huni di Desa Paya Benua, Kecamatan Mendobarat, beberapa waktu lalu. (foto: Humas Bangka)

Pemkab Bangka Targetkan Bangun 659 Rumah Layak Huni

SUNGAILIAT, LASPELA- Pemerintah Kabupaten Bangka menargetkan pembangunan 659 unit rumah layak huni (RLH) pada tahun 2017 ini bagi masyarakat kurang mampu di daerah tersebut.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bangka melalui Kasi Pengembangan Kawasan Perumahan, Edi Yuwanto, menyampaikan,  pembangunan 659 RLH bagi masyarakat Kabupaten Bangka itu digulirkan oleh pemerintah daerah, provinsi maupun pemerintah pusat.

“Ada 659 rumah, yakni 81 rumah dari Dana Alokasi Khusus (DAK), 47 dari APBD, 365 dari APBN Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, 136 dari DABA Pemprov Babel dalam SATAM EMAS, dan 30 dari Program Keluarga Harapan Kementerian Sosialn ada yang sudah selesai, dan ada yang dalam tahap proses,” kata Edi di Sungailiat, Senin 4 September 2017.

Usulan Dari Bawah

Menurut Edi, pembangunan Rumah Layak Huni ini dilakukan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan ditetapkan.

“Yang penting itu syaratnya ada tanah, E-KTP, Kartu Keluarga, ada rumah, dan harus diusulkan dari desa. Nah itu yang pentingnya, harus ada ususlan dari bawah dulu. Dari RT dan sebagainya baru diajukan dan nanti ada tim yang akan meninjau, terjun ke lapangan dan memverifikasinya, layak atau tidak mendapatkan Rumah Layak Huni,” terang Edi.

Lebih jauh Edi menyampaikan, tahun 2017 ini pembangunan Rumah Layak Huni telah dilakukan dan tersebar di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka.

“Kita bangun yang standar. Ada ruang tamu, ada kamar mandi, kamar tidur, teras dan dapur juga. Semoga apa yang menjadi program Pemkab Bangka bisa dirasakan langsung masyarakat dan bisa menjadi amal jariah juga,” kata Edi. (*/stf)

Editor: Stefan H. Lopis

About stefanuslopis

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: