Home / BANGKA BELITUNG / Mahasiswa KKN UBB Gagas Program Generasi Pancasila

Mahasiswa KKN UBB Gagas Program Generasi Pancasila

LEPAR PONGOK, LASPELA – Masih dalam nuansa perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung (UBB) mengajak murid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ukhwah Desa Tanjung Sangkar Kecamatan Lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan untuk lebih mengenal rasa nasionalisme terhadap negara. 

Ajakan ini dirangkai dalam kegiatan dengan tema Generasi Pancasila Melalui Semangat Nasionalisme, di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ukhwah Desa Tanjung Sangkar, Jum’at (18/08/2017).
Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UBB untuk menarik perhatian murid agar mau dan semangat dalam membentuk jiwa nasionalisme, seperti menyanyikan lagu wajib nasional, menggambar lambang burung garuda, serta mengenal makna dari tiap helai bulu yang ada di lambang burung garuda, diakhiri dengan pembagian hadiah kepada semua murid.

”Saya sangat senang dengan semangat dan antusias anak-anak dalam mengikuti kegiatan Generasi Pancasila ini karena mereka aktif dalam bertanya, solid dalam bekerja sama serta berani untuk maju ke depan kelas” ujar Jimy Siahaan, mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum yang juga salah seorang koordinator program.

Sri Wahyuni juga mengatakan masih dalam rangkaian program yang sama, sejumlah kegiatan bertemakan nasionalisme sudah dilaksanan di tempat yang sama, salah satunya pelatihan upacara setiap hari Senin. Dari upacara itulah mereka mulai mengetahui  bahwa murid-murid di madrasah ini sangat kurang dalam mengenal lagu-lagu wajib nasional.

“Untuk itu kami berinisiatif melakukan program generasi Pancasila ini untuk menumbuhkan semangat nasionalisme mereka”, ujarnya, mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum yang juga menjadi koordinator program.
Sementara, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Ukhwah Sudarsono berharap dengan adanya kegiatan generasi Pancasila ini maka murid-murid di madrasah yang ia pimpin dapat lebih baik mengenal Pancasila yang tidak hanya diucapkan pada saat upacara saja, melainkan harus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

“Saya berterimakasih kepada mahasiswa-mahasiswa KKN UBB karena telah mengajarkan banyak hal kepada anak-anak kami yang ada di madrasah, semoga kedepannya kami terus dapat melahirkan generasi Pancasila sebagai penerus bangsa”, tambah Sudarsono.

(*/Ar)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: