Home / BANGKA BELITUNG / Para Siswa SMK Babel Sabet 11 Penghargaan LKS-SMK Tingkat Nasional
Pose bersama para siswa yang berkompetisi saat itu.

Para Siswa SMK Babel Sabet 11 Penghargaan LKS-SMK Tingkat Nasional

PANGKALPINANG, LASPELA – Dunia pendidikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali mengukir prestasi. Kali ini, sebanyak sebelas siswa di beberapa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) se- Babel meraih 11 penghargaan dari total 28 bidang Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menegah Kejuruan (LKS-SMK) tingkat nasional yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Malang, Jawa Timur, (23-28/05/2016) lalu.

 

Capaian tersebut menempatkan Babel sebagai peraih penghargaan terbanyak untuk provinsi di luar pulau Jawa. Prestasi ini pun sontak membuat Gubernur Babel bangga sekaligus mengapresiasi. “Suatu kebahagiaan untuk dunia pendidikan Babel, 11 siswa menyabet juara di tingkat nasional. Insya Allah kita berikan apresiasi piagam penghargaan dan mungkin juga bonus,” kata Rustam Effendi.

Kesebelas murid itu yakni: Hanafiah Ali peringkat 1 bidang  Marketing  (SMKN 1 Pangkal Pinang), Andi Abdullah peringkat 2 bidang Fishery (SMKN 4 Pangkal pinang), Muhammad Kholid Syaifulloh peringkat 2 bidang Design Grafis (SMKN 2 Pangkal pinang), dan Isa Iskandar peringkat 3 bidang Livestock (SMK 1 Mendobarat).

Kemudian Anugerah Galang Ramadhan juara harapan 1 Farmasi  (SMKN 5 Pangkal pinang), Dea Marcelina Juara Harapan 1 Accounting  (SMKN 1 Pangkal pinang), Trifena Agafen Parentina Kimfani Juara harapan 1 Secretary (SMKN 1 Pangkal Pinang), Siti Khusnul Khotimah Juara harapan 2 Tourism Industry (SMKN 3 Pangkal pinang), Assuri Juara harapan 2 bidang Agronomy (SMKN 1 Mendobarat), Apri Widianto Juara harapan 2 bidang Wall and Floor Tailing (SMKN 2 Pangkal pinang), dan Nabil Abiyyu juara harapan 2 bidang Auto Cadd (SMKN 2 Pangkal Pinang).

Rustam Effendi mengatakan, piagam penghargaan dan bonus bagi siswa-siswa berprestasi yang telah mengharumkan nama Babel ini akan diberikan pada gelaran hari jadi guru pada November mendatang.”Penghargaan dan bonus ini akan kita berikan pada November 2016, bertepatan dengan hari Guru,”terang dia.

Semua prestasi pendidikan ini, sebut Rustam, seyogyanya kian meningkatkan semangat semua pihak, tidak hanya bagi siswa namun juga guru, tata usaha, dan seluruh elemen pendidikan di Babel. “Perjalanan kita masih panjang. Namun mari jadikan prestasi pendidikan ini sebagai motivasi bagi semua elemen pendidikan Bangka Belitung yang sudah dalam jalur benar di bidang pendidikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Muhamad Sholeh menerangkan, lomba yang diikuti 1.153 siswa SMK se-Indonesia bertujuan memupuk kemampuan siswa untuk berkreasi, berinovasi, dan berkarya. “Ini diselenggarakan untuk menyiapkan siswa SMK terjun ke masyarakat sebagai tenaga kerja yang kompeten, berkarakter, mandiri, tanggung jawab, kreatif, inovatif, dan berjiwa wirausaha,” pungkasnya.

Prestasi Ketiga Sepanjang Tahun ini

IMG-20160529-WA0018Prestasi bergensi tersebut diraih ketiga kalinya sepanjang tahun ini setelah awal Mei lalu Provinsi Babel meraih peringkat dua nasional dalam Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) atau tingkat kejujuran dalam mengerjakan ujian akhir.

Sebagaimana diumumkan Mendikbud Anies Baswedan di Jakarta, Senin (9/5/2016), Babel meraih peringkat kedua dengan skor 76,69, atau di bawah Yogyakarta 78,63. Babel mengungguli sejumlah provinsi besar di Pulau Jawa, seperti Banten skor 73,39, DKI Jakarta (73,18), dan Jawa Barat (72,88).

Selain itu, masih menurut Anies pada awal Januari 2016 lalu, pihaknya juga mengapresiasi Bangka Belitung yang meraih peringkat keenam dalam Uji Sertifikasi Guru se-Indonesia tahun 2015. Atau terbaik pertama bagi provinsi di luar Pulau Jawa.

Sebanyak tujuh provinsi mendapat nilai terbaik dalam penyelenggaraan uji kompetensi tahun 2015. Yakni DI Yogyakarta (62,58), Jawa Tengah (59,10), DKI Jakarta (58,44), Jawa Timur (56,73), Bali (56,13), Bangka Belitung (55,13), dan Jawa Barat (55,06). Uji kompetensi guru (UKG) tahun 2015 menguji kompetensi guru untuk dua bidang yaitu pedagogik dan profesional.

“Semua ini pencapaian kita, tak terkecuali dari Guru, siswa, pihak dinas maupun pemerintah provinsi Babel dan pemkab/kota se- Babel. Intinya sinergisitas semua elemen dunia pendidikan. Semoga kedepannya prestasi pendidikan kita lebih ditingkatkan dan terus mengharumkan Babel ketingkat nasional bahkan internasional,”beber Muhammad Sholeh. (ar/ma)

 

About Stefanus Laspela

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: