Setelah Disinggung DPRD, Pemprov Babel Pastikan Percepat Pelantikan Pejabat Definitif di Sembilan OPD

Pj Sekda Babel Fery Afriyanto di Pangkalpinang, Senin (21/10/2024)

PANGKALPINANG, LASPELA – Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Fery Afriyanto memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk segera melaksanakan pelantikan pejabat eselon II, III dan IV jika sudah ada persetujuan dari Kementrian dalam negeri (Kemendagri) RI.

Hal ini setelah DPRD Babel mendesak Pemprov Babel untuk segera mendefintifkan pejabat yang selama ini masih berstatus Plh atau Plt di sembilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Apa yang disampaikan oleh pihak DPRD, kami akan segera mungkin untuk mempercepat ini ke Kemendagri,” ujarnya usai menggelar RDP Bersama Pemprov Babel di Kantor DPRD Babel, Senin (21/10/2024).

Fery menyebutkan, dirinya baru enam bulan menjabat sebagai Pj Sekda Babel sehingga belum maksimal mengetahui semua persoalan terkait sembilan jabatan eselon II dan 48 eselon III dan IV yang masih diisi oleh pelaksana tugas.

“Namun yang saya ketahui saat ini sudah proses di Kemendagri RI dan kita akan kawal agar ada percepatan untuk persetujuan pelantikan di bulan depan,” katanya.

Fery menyampaikan, meski baru enam bulan menjadi Pj sekda, dirinya akan secepatnya berusaha bagaimana agar bisa dilakukan pelantikan.

“Sebenarnya permasalahan teknis yang ada di masing-masing OPD. Secara struktural pasti menghambat beberapa kerjaan, namun belakangan saya juga belum mengetahui karena saya baru 6 bulan menjadi Pj sekda. Saya akan berusaha bagaimana agar kita cepat melakukan pelantikan,” sebutnya.

Selain itu, Fery juga meyakinkan dirinya akan mengejar persoalan ini hingga ke Kemendagri RI agar proses pelantikan segera dilaksanakan dan saat ini tim pansel juga akan menyampaikan ke Pj Gubernur untuk yang sudah enam tahun menjabat ada penyegaran.

“Pansel juga sudah menyampaikan ke Pj Gubernur Babel. Semoga bisa kita mengejar ini dan DPRD juga ikut mewakili agar cepat diproses,” tutupnya. (chu)