Terungkap, Dari 2.907 PNS dan 2.337 PHL di Pemkab Basel Baru 1.953 Pegawai yang Masuk Database BKN

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Basel Suprayitno

TOBOALI, LASPELA – Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai harian lepas (PHL) yang terdata per Desember 2023 cukup meningkat signifikan di Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

“Pentingnya pendataan yang akurat serta terupdate ini untuk memastikan pengelolaan pegawai yang lebih baik, dan kami dapat merencanakan maupun mengelola sumber daya manusia dengan lebih efisien, ini penting untuk mendukung pelayanan publik yang optimal,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Basel Suprayitno, Kamis (4/7/2024).

Menurut Yitno, dari data terbaru yang terdiri dari 32 organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Basel tercatat memiliki 2.907 PNS dan 2.337 PHL.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.953 pegawai sudah terdata dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN), sisanya masih tercatat dalam sistem kepegawaian BKPSDMD Kabupaten Basel.

“Melihat angka tersebut maka langkah update kepegawaian yang dilakukan secara efisiensi dan transparansi dirasa sudah tepat,” terangnya.

Selain itu, Pemkab Basel terus mendorong pegawai honorer dan PHL untuk berpartisipasi dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang diharapkan dapat meningkatkan status serta kesejahteraan.

“Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memastikan bahwa setiap pegawai dapat berkontribusi secara maksimal bagi pembangunan daerah,” pungkasnya. (Pra)