Sosialisasi Pelayanan Publik, Agus : Pelayanan Publik Jadi Tolok Ukur Keberhasilan Kinerja Pemerintah

Agust Fendi bersama seluruh peserta Sosialisasi Pelayanan Publik dan Asistensi Peniliaian Kepatuhan Pelayan Publik

PANGKALPINANG, LASPELA – Asisten Administrasi Umum Kota Pangkalpinang, Agus Fendi menghadiri Sosialisasi Pelayanan Publik dan Asistensi Peniliaian Kepatuhan Pelayan Publik, Kamis (20/6/2024) yang berlangsung di Cordela Hotel.

Dalam sambutannya, Agus menuturkan jika pelayanan publik menjadi tolok ukur keberhasilan pelaksanaan tugas dan pengukuran kinerja pemerintah melalui birokrasi dan permasalahan utama pelayanan publik ialah berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik itu sendiri.

“Dalam penyelenggaraan pelayanan publik, orientasi pada kekuasaan yang amat kuat selama ini telah membuat birokrasi menjadi semakin jauh dari misinya untuk memberikan pelayanan publik,” ujarnya.

Pelayanan yang berkualitas sangat tergantung oleh berbagai aspek seperti pola penyelenggaraan, dukungan sumber daya manusia, dan kelembagaan.

“Fenomena pelayanan publik oleh birokrasi pemerintah yang ada saat ini sarat akan permasalahan, misalnya kurang responsif, kurang informatif, prosedur pelayanan yang bertele-tele, ketidakpastian waktu dan harga yang menyebabkan pelayanan menjadi sulit dijangkau masyarakat,” katanya

Sehingga menyebabkan terjadinya ketidakpercayaan kepada pemberi pelayanan dalam hal ini birokrasi sehingga masyarakat mencari jalan alternatif untuk mendapatkan pelayanan melalui cara tertentu yaitu dengan memberikan biaya tambahan.

“Sehingga untuk mengatasi kondisi tersebut perlu dilakukan upaya perbaikan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik yang berkesinambungan demi mewujudkan pelayanan publik yang prima,” ujarnya. (Rill/dnd)