H-3 KPU Mulai Distribusikan Logistik ke Pulau Terluar

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Husni mengatakan, logistik untuk pulau terluar di Provinsi Babel akan mulai didistribusikan tiga hari sebelum pencoblosan atau H-3. Hal ini untuk memastikan agar logistik tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tepat waktu.

“Bangka Belitung memiliki banyak pulau terluar, untuk mengantisipasi kendala dan hambatan kami minta H-3 logistik sudah mulai didistribusikan,” kata Husni, Kamis (8/2/2024).

Ia menyebutkan, ada 70 TPS yang berada di pulau terluar dan tersebar di empat kabupaten, yaitu Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung dan Belitung Timur. Masing-masing pulau memiliki tantangan tersendiri, belum lagi ada pulau yang berbeda kecamatan dan ada yang satu kecamatan dengan daratan.

“Pulau di Babel ini unik, ada yang beda kecamatan sehingga kita perlu perlakuan yang berbeda juga dalam menanganinya, makanya H-3 sudah mulai kita distribusikan,” ulasnya.

Dalam pendistribusian logistik ini, pihaknya bekerja sama dengan bawaslu, kepolisian, dan pihak terkait lainnya untuk mengawasi pendistribusian termasuk menjaga logistik tersebut.

“Untuk lokasi yang akan jauh dari tempat penyimpanan logistik akan didistribusikan H-3, kemudian yang dalam kota H-1,” imbuhnya.

Pendistribusian ini dilakukan berjenjang, dari KPU kabupaten/kota didistribusikan ke kecamatan atau PPK kemudian baru ke PPS dan KPPS.

“Jika lokasi TPS jauh dengan PPS maka logistik itu malamnya didistribusikan, agar pagi hari itu sudah siap digunakan,” tambah Husni.

Ia berharap, semua pihak dapat menjaga dan mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan aman, tertib, lancar dan tidak ada hal-hal yang tak diinginkan. (**)