Cegah Penculikan Anak, Kapolsek Toboali Minta Para Orang Tua Waspada Mengawasi Lingkungan Bermain

*Hubungi Nomor Kapolsek Toboali 082112114949

TOBOALI, LASPELA – Maraknya isu percobaan penculikan anak saat ini mengharuskan kepada orang tua untuk lebih waspada menjaga ruang lingkup bermain anak-anak guna mencegah terjadinya penculikan anak.

 

Kapolres Bangka Selatan (Basel), AKBP Joko Isnawan melalui Kapolsek Toboali, Iptu Agam Gustafa meminta para orang tua untuk tidak panik berlebihan. Akan tetapi, ia mengimbau masyarakat untuk lebih waspada mengawasi anak-anak dengan bermain di luar.

 

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak panik terkait isu penculikan anak yang beredar di berbagai pesan singkat saat ini sebelum mengetahui faktanya. Untuk itu masyarakat Kota Toboali harus cerdas dan bijak membaca serta mencerna berbagai informasi yang beredar. Tapi untuk waspada harus tetap dikedepankan guna mencegah penculikan anak baik di lingkungan bermain maupun di sekolah-sekolah,” jelas Agam.

 

Menurut perwira balok dua ini, para orang tua sangat penting dengan memberikan pemahaman terhadap anak, sehingga anak tidak mudah terpengaruh terhadap orang yang tidak dikenal. Terlebih, saat dihampiri oleh orang yang tidak dikenal di sekolah ataupun luar rumah.

 

“Perketat pengawasan, mencegah lebih baik dengan mengawasi mereka apabila berada di luar rumah. Usahakan anak-anak tidak menggunakan barang mewah dan mencolok. Apabila melihat orang yang mencurigakan sebaiknya lapor petugas terdekat,” ungkap Kapolsek.

 

Ia pun kembali mengimbau para keluarga juga ikut andil untuk mengawasi anggota keluarganya dari orang-orang yang mencurigakan dan tempat bermain asing bagi anak-anak.

 

“Kita imbau keluarga dan terutama orang tua untuk ketat mengawasi anak dan lingkungan sekitarnya. Jangan cemas, harus tetap waspada terhadap anak-anak kita,” imbaunya.

 

Tak hanya itu, Kapolsek juga meminta masyarakat ataupun orang tua tidak ragu-ragu untuk melaporkan jika ada perilaku orang asing yang mencurigakan di lingkungan sekitar dan segera menghubungi nomor Kapolsek jika terdapat orang asing yang mencurigakan berkeliaran di lingkungan tempat tinggal.

 

“Masyarakat jangan ragu dan takut, segera hubungi nomor saya 082112114949 jika ada orang yang mencurigakan berkeliaran di lingkungan rumah,” harapnya. (Pra)