Peringati Hari Bela Negara, Presiden Serukan Jaga Kedaulatan Bangsa

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara ke-74 yang berlangsung di Halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Senin (19/12/2022).

Dalam peringatan ini, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo menyerukan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memiliki sikap bela negara dalam menjaga kedaulatan bangsa Indonesia.

Pesan Presiden itu, dibacakan oleh
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil yang bertindak sebagai inspektur upacara.

“Upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa,” ujar Molen, sapaan Maulan Aklil.

Ia menegaskan, seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara. “Kita harus mempunyai daya tangkal dari ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks disegala bidang,” katanya.

Untuk itu Indonesia harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan
berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara.

“Bela negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara,” tuturnya.

Selain itu,  negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang
dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, seti pada pancasila sebagai ldeologi negara, rela
berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara,” ucapnya.

Nilai-nilai inilah tegasnya, yang harus terus diimplementasikan dalam
program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing- masing, untuk ikut serta dalam bela negara,” pesannya. (dnd)