KPU Babar Mulai Verifikasi Faktual Delapan Parpol Peserta Pemilu 2024

MUNTOK, LASPELA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Bangka Belitung (Babel) mulai melakukan tahapan verifikasi faktual partai politik (Parpol), yang sebelumnya telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi untuk calon peserta Pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU Babar, Pardi, mengungkapkan terdapat delapan parpol yang dilakukan verifikasi, yakni Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Bulang Bintang (PBB).

“Hari ini kami sudah melakukan verifikasi delapan parpol mulai dari jam delapan sampai jam sebelas,” kata Pardi di Muntok, Selasa (18/10/2022).

“Kami menurunkan empat tim, masing-masing tim melakukan verifikasi dua parpol,” ungkapnya.

Lanjut Pardi, delapan parpol tersebut yang tidak memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), sehingga dilakukan verifikasi faktual, dengan total parpol yang lolos verifikasi administrasi sebanyak 18, tetapi lainnya sudah memiliki kursi di parlemen.

“Setelah dilakukan verifikasi faktual, yang mengumumkan delapan parpol tersebut lolos atau tidak adalah KPU-RI, waktu kami verifikasi faktual sampai 4 November 2022 dari sesuai tahapan mulainya dari tanggal 15 Oktober 2022 kemarin,” pungkasnya. (Oka)