Desa Sadai jadi Kampung Bahari Nusantara, Ini Harapan Bupati Basel

TOBOALI, LASPELA – Paban IV Spotmaral, Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto, meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Sadai, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Peresmian KBN Desa Sadai itu juga dihadiri Bupati Basel Riza Herdavid, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Basel Erwin Asmadi, Wakapolres Basel Kompol Ricky Dwiraya Putra, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Basel Michael YP Tampubolon, Danposmat AL Toboali, Danposmat AL Pulau Besar, Kabinda Basel, Pasintel Lanal Babel, Anggota DPRD Basel, Camat Tukak Sadai, Kepala Desa Pasir Putih, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta tamu undangan lainnya.

Selain peresmian KBN, pantauan di lokasi, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) juga menggelar pembagian paket sembako, obat-obatan gratis kepada masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan itu, Kolonel (P) Iwan Kuswanto mengatakan kedatangan dirinya ke Desa Sadai, guna meninjau langsung progres KBN yang telah disiapkan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Babel.

“Kami hari ini telah melakukan peninjauan di Desa Sadai, untuk melihat progres bagaimana KBN yang telah disiapkan oleh Lanal Babel,” kata Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto di Toboali, Minggu (2/10/2022) kemarin.

Lanjutnya, bahwa KBN ini merupakan program dari TNI AL dengan tujuan mensejahterakan masyarakat pesisir di sekitar.
“Tentunya bagaimana kita dengan masyarakat, pemerintah daerah (Pemda) dengan instansi terkait untuk mensejahterakan masyarakat pesisir ini,” jelas Kolonel Iwan.

Jebolan AKMIL berpangkat tiga melati itu, menyebutkan, selain program KBN ada juga program lainnya seperti bersih-bersih, bedah rumah, penanaman bibit mangrove, pangan dan yang lain sebagainya.

“Harapan dengan adanya KBN di Desa Sadai ini, masyarakatnya bisa sejahtera, lebih menyatu sehingga kedepannya kemampuan dan kekuatan yang ada disini dapat mendukung keamanan dan ketahanan nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Basel, Riza Herdavid, mengapresiasi serta berterimakasih kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) yang diwakili Danlanal Babel dengan ditunjuknya Desa Sadai sebagai KBN di Basel.

“Desa Sadai menjadi satu pilihan desa untuk dijadikan KBN, tentu efeknya kita bisa lihat sendiri bahwa mereka mengadopsi lima cluster dan salah satu yang sudah terbukti, yakni hari ini yang telah mereka lakukan adalah cluster kesehatan dan cluster pendidikan,” tandas Riza.

Ia berharap untuk cluster-cluster yang lainnya bisa menyusul dan itu sudah tahap program, untuk itu pemda siap mendukung penuh KBN di Desa Sadai.

“Pemda akan dukung bagaimana masyarakat Desa Sadai secara pendidikan naik, secara kesehatan tarafnya lebih baik, kesejahteraannya juga lebih baik, keamanan laut juga baik serta ekonomi juga akan berimbas seperti itu,” paparnya.

“Intinya dalam kesempatan ini kami mengapresiasi, karena se-Indonesia itu tidak semua desa yang dipilih yang menjadi KBN dan disini saya rasa Desa Sadai memang layak untuk dipilih itu,” tukas Riza.

Senada, Haji Harsat (50) salah satu tokoh masyarakat setempat mengucapkan terimakasih dan kepada TNI AL yang telah meresmikan KBN di Desa Sadai.

“Tentunya kami masyarakat Desa Sadai mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya, karena kami dipilih sebagai KBN dan semoga kedepannya ada lagi kegiatan semacam seperti ini,” harapnya. (Pra)