DONE

Home / BISNIS / HEADLINE / NASIONAL / NEWS

Selasa, 7 November 2017 - 03:02 WIB

Kominfo Tegaskan akan Blokir WhatsApp Jika tak Benahi Konten

Foto: Ilustrasi

Foto: Ilustrasi

JAKARTA, LASPELA- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meminta seluruh operator untuk memblokir Domain Name Server (DNS) yang menyediakan konten asusila, di antaranya DNS yang dimiliki oleh WhatsApp.

Sejak Minggu (5/11), masyarakat dihebohkan konten asusila yang merupakan  bagian dari emoji di WhatsApp dalam kategori animasi GIF. Kominfo juga melayangkan pemberitahuan kepada manajemen WhatsApp untuk segera melakukan pemblokiran pada DNS yang menyediakan konten tersebut. Emoji di WhatsApp ini merupakan animasi yang bergerak-gerak.

Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, WhatsApp memiliki layanan yang menggunakan GIF API agar semua pengguna whatsApp bisa mengirimkan gambar bergerak. Sebagai gambaran, GIF API merupakan layanan yang dimiliki salah satu DNS, yakni tenor.com. DNS tersebut di antaranya ada yang berisi konten-konten yang mengarah pada pornografi.

Lebih lanjut Semuel menegaskan, hingga Senin kemarin, Kominfo sudah menyampaikan kepada seluruh operator agar segera melakukan pemblokiran terhadap DNS yang memiliki konten asusila, yakni tenor.com, api.tenor.com, blog.tenor.com, qa.tenor.com, media.tenor.com, media1.tenor.com.

Pemerintah juga tengah menanti respons penyedia WhatsApp, yakni Facebook untuk segera melakukan pemblokiran. “Kami sudah kirim tiga surat notifikasi dari tanggal 5 dan 6 November, tetapi karena ada perbedaan waktu, mereka sedikit terlambat memberi respons. Seharusnya mereka sudah melakukan pemblokiran,” ujar Semuel dalam keterangan pers, Senin (6/11).

Kominfo juga menyediakan waktu selama 2 x 24 jam bagi Facebook sebaga pemilik WhatsApp untuk merespons permintaan Kominfo.  Jika tidak ada respons hingga tenggat waktu tersebut, Pemerintah Indonesia akan memblokir aplikasi perpesanan tersebut. (Ant)

Editor: Stefan H. Lopis

 

Share :

Baca Juga

KABUPATEN BANGKA SELATAN

25 Pelamar Lolos Tahap Administrasi Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Basel, Posisi Sekda Hanya Diikuti 3 Kandidat

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Timnas U-16 Tutup Kans ke Semifinal Piala AFF U-15

KABUPATEN BELITUNG

Ini Perbandingan Pelabuhan Tanjungpandan Dan Tanjung Priok

HEADLINE

Sebastian Pinera Terpilih Jadi Presiden Chile

HEADLINE

AHM Hadirkan Skutik Premium Sporti All New Honda Vario 160

EKO-BISNIS

Presiden Bicara Rumitnya Perizinan untuk Pengembang

KABUPATEN BANGKA

Gelar Rapimprov, Kadin Babel Bahas Tiga Point Penting

KABUPATEN BANGKA TENGAH

Tak Gelar Open House, Bupati Ibnu Ajak Warga Bateng Saling Memaafkan Lewat Teknologi Informasi
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: