Perayaan Tahun Baru Islam, Ikon Wisata Religi Pemkab Bangka

Gubernur Kepk. Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka H. Tarmizi Saat ketika menghadiri perayaan Tahun Baru Islam 1439 H di Masjid Al Mukminun Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (21/9/17).

SUNGAILIAT, LASPELA- Perayaan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1439 H berlangsung meriah di Masjid Al Mukminun Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (21/9/17) lalu.

Hadir dalam perayaan tersebut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Bupati Bangka H. Tarmizi Saat, Sekda Bangka, H. Fery Insani, pejabat provinsi dan Kabupaten Bangka, Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung dan Kabupaten Bangka, tokoh agama, majles taqlim, PKK, Dharma Wanita Persatuan, penceramah Ustad Yusuf Mansyur, serta ribuan masyarakat.

Bupati Bangka H. Tarmizi Saat dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan perayaan 1 Muharram 1439 H ini merupakan agenda rutin dan telah masuk dalam agenda wisata religi Kabupaten Bangka.

“Momen ini merupakan sarana mempererat tali silahturahmi antar umat, semua agama hadir di sini untuk menghadiri dan merayakan tahun baru islam ini,” katanya.

Selain menjadi ajang silahturahmi, mantan sekda Bangka itu menyatakan, kebersamaan antar umat beragama yang hadir dalam perayaan 1 Muharram merupakan salah satu modal untuk melaksanakan pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Saya harapkan kita sebagai pemimpin dapat berkunjung ke rumah masyarakat dan bersilahturahmi, serta saling mendoakan menjadi umat yang teladan di Bumi Serumpun Sebalai ini,” katanya.

Tarmizi lantas menghimbau seluruh masyarakat untuk berani merevormasi diri sehingga kaum muslim di Bangka pada khususnya dan Babel pada umumnya terjamin hidupnya baik urusan di dunia maupun akhirat nanti.

Hijrah Menuju Kebaikan

Hal senada disampaikan Gubernur Erzaldi Rosman. Menurutnya, tahun baru Islam, 1 Muharram 1439 Hijriah, adalah momen tepat bagi segenap kaum Muslim memperbaiki diri dan hijrah menuju kebaikan sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

“Kita implementasikan makna tahun baru islam ini untuk hijrah menuju kebaikan bersama. Sekecil apapun, yang namanya kebaikan harus dimulai dari diri sendiri. Kita harus terus berupaya menjadi lebih baik dari hari-hari kemarin,” tandas Erzaldi Rosman.

Mantan Bupati Bangka Tengah itu berharap, gelaran perayaan tahun baru islama di Kenanga pada waktu mendatang harus lebih berwarna.

“Setiap tahun harus lebih maju, dan harus berwarna juga,” sarannya.

KH.Usatad Yusuf Mansur dalam ceramahnya mengatakan, sebagai manusia harus senantiasa mensyukuri hidup baik dalam suka maupun duka.

“Jangan pernah sekali-sekali kita mengeluh atas apa yang sedang kita hadapi, apalagi meminta bantuan kepada manusia tanpa melewati tata cara ikhtiar kepada Allah SWT, itu salah,” jelasnya kepada ribuan jamaah yang hadir.

Perayaan satu Muharram di Kenanga diisi juga dengan kegiatan Makan Bolu Koju bersama, Nganggung Bersama, dan penanaman pohon kurma oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan Bupati Bangka.  (advertorial/fiq)

Editor: Stefan H. Lopis