Home / BANGKA BELITUNG / Dua SMP Dibabar Laksanakan UN Berbasis Komputer | BANGKA BELITUNG
foto ist

Dua SMP Dibabar Laksanakan UN Berbasis Komputer | BANGKA BELITUNG

MUNTOK,LASPELA— Dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bangka Barat(Babar) lakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK). Dua SMP tersebut, yakni SMP Negeri 3 Muntok dan SMP Santa Maria Muntok.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Babar, Drs.Rukiman mengatakan pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Babar tahun 2016 ini pertama kali dilakukan. Kendati pertama kali, pihaknya telah melakukan persiapan maksimal agar pelaksanaan UNBK tersebut sukses.

“Persiapan dari segi sarana penunjang yang sudah kami lakukan khusus UNBK tingkat SMP tahun 2016, antara lain telah berkoordinasi dengan pihak PLN mengenai kelistrikan dan pihak Telkom terkait jaringan internet yang harus stabil guna mensinkronikasikan server lokal dengan server pusat terkait informasi soal maupun informasi jumlah peserta. Kita berharap kedua item sarana penunjang ini tidak menjadi hambatan bagi peserta dalam melaksanakan UNBK tahun 2016,”ungkap Drs.Rukiman kepada LASPELA, Senin(09/05/2016) diruang kerjanya.

Ia mengungkapkan kedua stackholder tersebut merespon positif koordinasi yang telah dilakukan Dindikpora Babar, pihak PLN maupun Telkom telah meberikan jawaban secara lisan dan tulisan yang intinya mereka siap berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan UNBK tingkat SMP tahun 2016 di Babar. Pihak mereka juga telah melakukan survey ke sekolah yang melaksanakan UNBK tersebut, apa yang menjadi kekurangan berupaya akan dipenuhi oleh mereka.

“Sebagai jaminan bahwa mereka serius menyukseskan kegiatan tersebut, maka satu unit generator set (genset) dipinjamkan PLN ke SMP N 3 Muntok sebagai fasilitas pengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik sewaktu-waktu,”katanya.

Selain fasilitas penunjang, kata Rukiman. Dindikpora Babar juga telah memberikan pelatihan khusus kepada pengawas UNBK yakni Proktor, dan teknisi atau petugas pengelola laboratorium komputer di sekolah yang melaksanakan UNBK tahun 2016.
“kalau pengawas sudah terlatih, maka potensi terjadinya eror nol persen,”ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Proktor dan teknisi yang melaksanakan tugasnya berjumlah 6 orang, yang terdiri dari tiga orang proktor dan tiga orang teknisi. Masing-masing ruangan terdapat satu proktor dan satu teknisi, sesuai dengan kebutuhan UNBK tingkat SMP tahun 2016 hanya tiga ruangan.

“Mereka yang menjadi proktor dan teknisi ini merupakan guru atau tenaga pendidik yang memiliki kompetensi pada bidang Teknologi Informasi Komunikasi(TIK), kemudian memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam mengelola LAN sekolah. Mereka juga sudah lulus pelatihan sebagai proktor UNBK dan pembekalan sebagai teknisi,”katanya.

Rukiman mengaku tidak meragukan lagi kalau soal kualitas Sumber Daya Manusia(SDM) pengawas UNBK SMP tahun 2016 di Babar. Begitu juga dengan kualitas SDM yang menjadi peserta UNBK sebanyak 167 orang, terdiri dari peserta SMP N 3 Muntok sebanyak 128 orang dan SMP Santa Maria sebanyak 39 orang.

“Penggunaan komputer di kalangan pelajar SMP se Babar juga bukan menjadi suatu hal yang aneh hingga kaku dalam penggunaannya. Sebab, metode belajar mengajar SMP sederajat di Babar sekarang ini telah memasukan TIK sebagai kurikulum mata pelajaran sehari-hari,”ungkapnya.

Mengenai cara menjawab soal menggunakan komputer, Rukiman menegaskan pihaknya melalui sekolah bersangkutan berulang kali melaksanakan Try Out (TO) dengan menjawab semua contoh-contoh soal sebelum pelaksanaan UNBK tahun 2016.
“Selain TO yang dilakukan sebanyak dua kali, pihak sekolahpun pernah satu kali melakukan gladi resik terkait cara menggunakan komputer saat melaksanakan UNBK tahun 2016,”katanya.

“Setelah melalui serangkaian kegiatan, saya optimis pelajar kami tidak kaku lagi dalam melaksanakan UNBK tahun 2016 ini,”tambahnya.

Mengenai teknis pelaksanaan UNBK disetiap ruang, Rukiman menjelaskan masing-masing pelajar secara bergiliran akan memasuki ruangan sebanyak 20 orang setiap ruangan. Untuk SMP N 3 Muntok terdapat dua ruangan, mereka menyiapkan 44 unit komputer sementara SMP Santa Maria satu ruangan terdapat 20 unit komputer.

“Di SMP N 3 Muntok akan di bagi 3 sesi masing-masing ruangan, sementara SMP Santa maria 2 sesi,”ulasnya.

Lanjut Rukiman, terkait jadwal pelaksanaan Ujian Nasional(UN) tahun 2016 antara sekolah yang pelaksanaannya Berbasis Komputer maupun tidak tetap sama, yakni tanggal 9 sampai dengan 12 mei 2016. Hanya saja yang membedakannya di tenaga pengawas, untuk sekolah pelaksanaannya UNBK tenaga pengawasnya khusus lalu sekolah lainnya diberlakukan pengawas silang antar sekolah.

“Kita berharap pelaksanaan UN tingkat SMP di Babar berjalan lancar,”pungkasnya(ron)

About Yani Basaroni Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: