Bidik Pengembangan Pelabuhan di Babel Jadi Tekad Cawagub Yuri, Potensi Jadi Penggerak Ekonomi

BANGKA SELATAN, LASPELA — Calon Wakil Gubernur Bangka Belitung (Cawagub Babel) nomor urut 1, Yuri Kemal bertekad untuk dapat berperan banyak di pemerintahan. Terkhususnya dalam segi pembangunan di Negeri Serumpun Sebalai jika kelak diberi mandat melanjutkan kepemimpinan di periode 2024-2029, bersama calon Gubernur (Cagub) Erzaldi Rosman.

Sebagaimana tertuang dalam visi misi, pembangunan berkelanjutan di Babel yang bermanfaat dan berdampak pada perekonomian adalah prioritas pasangan calon (Paslon) Beramal (Bersama Erzaldi Rosman dan Yuri Kemal). Demikian disampaikan Yuri lewat siaran pers yang diterima Media Satya Laspela, Minggu (20/10/2024).

Potensi pembangunan yang akan diperjuangkan putra Prof Yusril Ihza Mahendra ini, yakni pengembangan pelabuhan yang merupakan pintu masuk jalur perairan di Babel. Yuri bahkan heran, kenapa pengembangan pelabuhan di Babel masih sering terhambat. “Contohnya di Belitung Timur. Sampai saat ini hanya menjadi wacana, tak kunjung jadi,” sesalnya.

Ia menilai peran pelabuhan di provinsi kepulauan ini sangatlah penting. Selain akses keluar masuk komoditas, pelabuhan tentunya menjadi pusat kegiatan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. Apalagi jika sudah dapat melaksanakan ekspor, kawasan pelabuhan ini berpotensi untuk menjadi kawasan ekonomi khusus. “Jadi pengaruh ekonominya di pelabuhan itu sangat besar,” sebut Yuri.

Yuri sendiri sudah melihat langsung potensi pelabuhan Sadai di Bangka Selatan ketika melakukan kunjungan politiknya di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada Sabtu (19/10/2024). Oleh sebabnya, pengembangan pelabuhan di Babel akan menjadi langkah kerja yang ia susun.

“Pembangunan yang berkelanjutan adalah visi utama kami. Saya optimis, lewat perencanaan yang baik pelabuhan-pelabuhan di Babel dapat dijadikan penggerak perekonomian yang masif, baik itu di Pulau Bangka maupun di Pulau Belitung. Beramal ingin potensi di Babel ini bisa dimanfaatkan untuk perbaikan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Yuri.

Ia pun meminta doa dan dukungan dari masyarakat sehingga visi dan misi yang diusung ia bersama Gubernur periode 2017-2022 dapat terwujud dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. “Doakan dan dukung kami, agar apa yang menjadi visi-misi kami bisa terlaksana, dan Babel menjadi lebih baik lagi dengan pembangunan yang berkelanjutan,” imbuhnya.(ril/chu)