Debat Publik Pertama Cagub dan Cawagub, KPU Babel Hadirkan Tujuh Penelis

Komisioner KPU Babel Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Deni di Pangkalpinang, Selasa (15/10/2024)

PANGKALPINANG, LASPELA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KPU Babel) akan melaksanakan debat publik sesi pertama calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 yang akan dilaksanakan Rabu (23/10/2024) malam di Ballroom Hotel Novotel Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam debat publik yang dilaksanakan oleh KPU Babel ini mengusung tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Penguatan Demokrasi Lokal dan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Menuju Provinsi Bangka Belitung Yang Berkualitas dan Berkeadilan”,  akan dihadiri masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bangka Belitung Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Deni mengatakan dalam debat publik pertama Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung dicecar 12 Pertanyaan, dan KPU akan menghadirkan tujuh panelis.

“Sebanyak tujuh orang panelis akan kita dihadirkan diantaranya Rektor Institut Pahlawan 12 DR Darul Arkom, Guru Besar IAIN Prof Zayadi, Rektor IAIN DR Irawan, Dekan IAIN SAS Babel DR Iskandar MHum, Dekan FISIP UBB DR Iskandar Zulkarnain, Dosen Fakultas Hukum UBB DR Dwi Haryadi dan salah seorang Dosen Universitas di Bandung Aidil Akbar,” ujar Dedy kepada media ini, Selasa (15/10/2024)

Lanjutnya, kemudian sub tema yakni penguatan demokrasi lokal berkaitan dengan kohesi kesetaraan sosial dikarenakan Bangka Belitung daerah kepulauan, serta terkait tata kelola pemerintahan reformasi birokrasi dan efektifitas pelayanan publik kepada masyarakat.

“Dalam debat publik tersebut tentunya cagub dan cawagub akan menjawab sebanyak 12 pertanyaan dengan sub tema membangun masyarakat sejahtera di dalamnya tentang pendidikan, kesehatan dan sosial budaya,” jelasnya.

Deni menambahkan, pada debat publik ini akan berlangsung sebanyak 2 kali, debat kedua pada tanggal 20 November 2024 di Pulau Belitung.

“Debat publik ini akan kita laksanakan selama dua kali pertama di Bangka pada tanggal 23 Oktober 2024 mendatang, dan kedua di Pulau Belitung pada tanggal 20 November 2024. Untuk selanjutnya LO akan diundang pada rakor persiapan. sekitar 2 minggu sebelum setiap kegiatan debat publik,” tutupnya. (chu)