Cawagub Hellyana: Masyarakat Berdaya Mampu Mengandalkan Dirinya

PANGKALPINANG, LASPELA – Calon Wakil Gubernur Bangka Belitung Hellyana menyebutkan betapa pentingnya menggali potensi diri agar bisa bermanfaat bagi diri sendiri masyarakat lainnya.

Seperti diketahui Hellyana berpasangan dengan Hidayat Arsani dengan tagline BERDAYA (Bersama Hidayat-Helyana) yang mendapatkan berkah dengan Nomor Urut 2 dalam Pilkada serentak 2024 Bangka Belitung.

“Kita sebagai masyarakat Bangka Belitung yang berdaya adalah masyarakat yang mampu untuk tidak mempunyai sikap menunggu belas kasihan pihak lain, apalagi dengan melimpahnya sumberdaya energi baik alam dan manusianya,” katanya, Selasa (15/10/2024).

Hellyana menyebutkan masyarakat berdaya adalah masyarakat yang mampu memanfaatkan semua potensi kekuatan yang ada di dalam dirinya dan di sekitarnya. Kekuatan itu dimanfaatkan untuk membuat mereka tidak bergantung kepada masyarakat lainnya.

“Masyarakat berdaya lebih mengandalkan segala hal yang ada dalam dirinya, baik berupa skill, keterampilan, olah pikir, khazanah kesenian dan pengetahuan untuk menghasilkan karya yang produktif,” ujarnya

Ia menambahkan sikap yang diperlihatkan masyarakat berdaya adalah hidup tegak dengan berpijak pada kesadaran dan aspirasi sendiri sehingga tidak mudah diombang-ambingkan pihak lain.

“Mereka melihat sumber daya yang ada dalam dirinya sebagai landasan dalam melangsungkan kehidupannya, agar tidak menjadi beban bagi pihak lain,” jelasnya.

Lanjut Hellyana, masyarakat yang mampu memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya sebagai wahana untuk menghasilkan produk dan jasa yang menghasilkan manfaat sosial dan ekonomi.

“Dengan menjadi masyarakat yang berdaya diharapkan bisa menjadi penggerak bagi masyarakat lainnya. Bahkan nantinya bisa menjadi penggerak dalam kehidupan berbangsa dan pada akhirnya tumbuh menjadi bangsa terhormat, terutama bagi elemen masyarakat yang paling terkecil yang masih terkungkung dalam ketidakberdayaan,” tutupnya. (chu)