Pemprov Babel Kawal Aspirasi Masyarakat Beriga

Pj Sekda Babel Fery Afriyanto saat menghadiri audiensi bersama masyarakat Desa Beriga di Kantor DPRD Babel, Senin (14/10/2024)

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) turut mendampingi pimpinan beserta anggota DPRD Babel dalam menerima audiensi masyarakat Desa Beriga, Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah, di Kantor DPRD Babel, Senin (14/10/2024).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Fery Afriyanto beserta beberapa Kepala Perangkat Daerah, diantaranya Plt. Kepala Dinas ESDM, Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Kepala Dinas PUPR Perkim Babel tampak hadir dalam audiensi tersebut.

Audiensi ini dipimpin oleh Ketua DPRD Babel sementara Didit Srigusjaya, didampingi Wakil Ketua sementara Edy Iskandar. Hadir juga pihak PT Timah dalam audiensi ini yang berlangsung dengan pengawalan dari pihak keamanan.

Pj Sekda Babel, Fery Afriyanto mengatakan kehadiran masyarakat Desa Beriga dalam audiensi ini untuk menyampaikan aspirasinya berkenaan dengan rencana aktivitas pertambangan yang akan dilakukan oleh PT Timah Tbk di wilayah perairan Beriga yang notabene merupakan penghidupan masyarakat nelayan di desa tersebut.

Di satu sisi, pihak PT Timah sendiri mengaku sudah memiliki perizinan lengkap untuk memulai aktivitas yang memang merupakan wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP). Namun, hal itu belum juga dilaksanakan karena belum mendapatkan restu masyarakat.

“Setelah mendengar penjelasan tersebut DPRD Babel melalui pimpinan rapat sepakat akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) guna membahas lebih lanjut, serta mencari jalan keluar untuk permasalahan yang dialami masyarakat Beriga, dan kita selaku eksekutif akan siap mengawal ini,” kata Fery.

Diakui Fery, apalagi nantinya DPRD Babel akan berkoordinasi dengan Kementerian Lingkingan Hidup, Kementerian Perikanan dan Kementerian ESDM.

“Kita sangat mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan DPRD Babel, dan kita berharap permasalahan ini segera terselesaikan,” harapnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi bersama DPRD Babel berada di garis netral.

“Di sini kita akan senetral mungkin tidak berpihak kemana pun,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta PT Timah dapat menahan diri dan membantu pemerintah dalam menjaga situasi kondusif.

“Karena sebentar lagi akan ada pelantikan Presiden, maka bersabar lah. Kami bekerja objektif dan sesuai aturan,” tutupnya. (chu)