Pelaku UMKM di Babel Dilatih Bahasa Inggris, Biar Gampang Jelasin Produknya

Foto : Ist/Diskop UMK Babel

PANGKALPINANG, LASPELA — UPTD Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan UKM Bangka Belitung (Babel) memfasilitasi 30 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mengikuti pelatihan Bahasa Inggris. Tujuannya, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan aksesibilitas pasar global bagi pelaku UMKM.

Diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 17-20 September 2024 peserta pelatihan bagi UMKM Angkatan II di UPTD Balatkop UMKM Babel dibimbing oleh instruktur dari Tim Kampung Inggris Babel.

Kepala UPTD Balatkop UMKM Diskop UKM Babel, Martinawati mengatakan kemampuan bahasa inggris bagi UMKM merupakan hal yang penting dalam mengembangkan usahanya terutama untuk memasarkan produknya ke pasar global.

“Kemampuan bahasa inggris mutlak dibutuhkan untuk memasarkan produk ke luar negeri. Dengan kemampuan bahasa inggris, pelaku UMKM bisa menjelaskan terkait produknya kepada pembeli dari luar negeri,” katanya saat membuka pelatihan mewakili Plt Kadis KUKM Babel, Selasa (17/09/24).

Kemampuan bahasa inggris ini harus dilatih. Menurutnya, untuk itu banyak cara yang bisa dilakukan, seperti melatih berbicara dengan sesama pelaku UMKM. Selain itu juga, pelaku UMKM bisa melatih kemampuan bahasa inggris dengan memanfaatkan teknologi digital

“Latih diri berbicara menggunakan bahasa inggris bersama teman-teman, bisa juga menggunakan teknologi digital. Jangan takut untuk bicara menggunakan bahasa inggris,” ujarnya.

Dikutib dari laman resmi Diskop UKM Babel, dirinya berharap, pelaku UMKM dapat mengikuti pelatihan dengan tertib dan aktif dalam kelas pelatihan ini.

“Ikuti pelatihan ini dengan baik. Jangan pasif dalam kelas, aktiflah berbicara menggunakan bahasa inggris dalam pelatihan ini. Semoga kalian bisa membuat korespodensi dan berbicara menggunakan bahasa inggris dengan lebih baik lagi.” harapnya.(**/mja)