Komitmen Berikan Pembinaan, Lapas Perempuan Pangkalpinang Ajarkan Warga Binaan Cara Buat Kue

Pembinaan pembuatan Kue Putu Ayu kepada warga binaan Lapas Perempuan Pangkalpinang, Sabtu (14/9/2024).

PANGKALPINANG, LASPELA – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Perempuan Pangkalpinang, berkomitmen memberikan pembinaan kepada para warga binaan Lapas agar menjadi bekal bagi mereka kelak ketika mereka kembali ke masyarakat.

Kepala Lapas Perempuan Pangkalpinang, Meita Eriza menuturkan kali ini pihaknya mendampingi proses pembuatan Kue Putu Ayu kepada warga binaan, dimulai dari takaran bahan, proses pembuatan campuran adonan kue, mencetak adonan hingga kepada proses pengukusan.

“Alasan kenapa Kue Putu Ayu, karena pertama pembuatannya simple dan mudah, lalu saya juga sangat suka dengan kue ini dan juga suka membuat kue. Dengan resep yang ada ini saya ingin berbagi kepada Warga Binaan di Lapas Perempuan Pangkalpinang,” tuturnya, Sabtu (14/9/2024).

Sebelumnya Warga binaan juga sudah mendapatkan pelatihan Tata Boga untuk pembuatan Kue Lidah Kucing, Kastengel, Kue Sagu Keju, Brownies, Kue Nastar, Kue Bolu Pandan, Kue Bolu Tape, Kue Remeng, Kue Thumbprint, Bolu Gulung dan Roti.

Warga binaan juga diajarkan cara berwirausaha, karena bukan hanya sekedar membuat saja, kue-kue yang sudah jadi pun bisa dijual, dan Lapas Perempuan menerima pesanan baik kue kering dan kue basah.

“Dapat langsung menghubungi Lapas Perempuan Pangkalpinang atau langsung menghubungi admin media sosial Lapas Perempuan Pangkalpinang atau bisa datang langsung ke Lapas Perempuan Pangkalpinang Kemenkumham Babel di Jalan Sanggul Dewa Taman Sari,” katanya.

Ia juga menyebutkan jika inilah peran lain dari Petugas Lapas, tidak selalu harus mengundang Instruktur dari luar, namun dengan keterampilan yang dimiliki dapat juga menularkan ilmunya kepada warga binaan. (dnd)